Alami Gempa 5 Kali, PVMBG Tetapkan Status Awas Untuk Gunung Sinabung

Primaberita.com – Pusat Vulkanologi, Mitigasi, Bencana Geologi (PVMBG) Sumatera Utara menetapkan status awas atau level IV pada Gunung Sinabung di Kabupaten Karo setelah mengalami 5 kali gempa pada 8 Februari 2019 kemarin.

Berdasarkan keterangan dari rekaman seismograf Gunung Sinabung terjadi 1 kali gempa hembusan, 1 kali gempa tornilo, dan 3 kali gempa tektonik jauh. Untuk itu, PVMBG mengimbau kepada masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 hingga 7 kilomter.

“Dari kemarin, hingga pagi ini visual gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 200 meter dari puncak angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat,” tulis keterangan laman resmi PVMBG.

“Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat,” lanjut keterangan tulisan PVMBG.

Sejauh ini gunung Sinabung masih terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis sampai tebal tinggi sekitra 200 meter dari puncak Angin bertiup lemah ke arah utara dan barat.

Add a Comment