Lifestyle

Waspada Guys! Ditemukan Beredar Dipasaran Kosmetik Beracun

Primaberita.com – Ingin tampil cantik tapi wapada selalu dengan kosmetik yang ditemukan beredar di pasaran adalah kosmetik beracun. Seringkali tidak paham atau mengetahui betul bahan-bahan dalam produk kecantikan, tidak selalu berakhir fatal, tetapi Anda juga tidak boleh lengah, karena ternyata banyak produsen ‘nakal’ yang memasukkan bahan-bahan berbahaya, bahkan beracun di dalam kosmetik yang Anda pakai sehari-hari.

Seperti siaran resmi yang dirilis oleh BPOM (Badan Penanggulangan Obat dan Makanan) baru saja melakukan penyitaan 113 produk kosmetik ilegal senilai 113 miliar rupiah. Termasuk di dalamnya, produk kosmetik yang dipalsukan atau mengandung bahan berbahaya.

Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menyampaikan bahwa temuan kosmetik berbahaya didominasi oleh produk kosmetik yang mengandung merkuri, hidrokinon, dan asam retinoat. BPOM RI juga menemukan enam jenis kosmetik yang sudah teridentifikasi mengandung BD/BB yaitu pewarna dilarang (merah K3) dan logam berat (timbal). Secara umum bahan tersebut dapat menyebabkan kanker (karsinogenik), kelainan pada janin (teratogenik), dan iritasi kulit.

Seperti dikutip dari detik.com, ini adalah beberapa merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya; QL Matte Lipstick No. 07, 08, 09, 10 mengandung merah K3 (pewarna tekstil), Etude House – Drawing Eyebrow Duo #03 Gray Brown dan 3CE – Slim Eyebrow Pencil (Chestnut Brown) mengandung antimony (bahan tahan api, cat, dan keramik). Beberapa produk dengan merk Deejay Cosmetic ditemukan mengandung merkuri atau/dan hidrokinon. Beberapa produk kosmetik dengan merk Asdane, Fulenze, dan Robisis mengandung merkuri.

Sementara daftar kosmetik yang dipalsukan adalah:

Etude House Play Mascara Length Waterproof (No. 603)
Etude House Dear Darling Water Gel Tint (PK004)
Mac Zac Posen Lipstick Rudy Woo
Mac Zac Posen Lipstick Embrace Me 05
Mac Zac Matte Pink Pigeon Lipstick
Mac Mariah Carey Dangerous Lipstick A01
Menow Pro Powdery Matte Kiss Proof Soft Lipstick (12)
Tonymoly Cucumber Water Gel Magic Food
Ellie Goulding Mac Lipstick A1
Mac Giambattista Valli Paris Matte Lipstick – Matte Rebel
Etude House Zero Sebum Drying Powder
Etude House Dear Darling Water Gel Tint RD306
Etude House Powder Pore Freshner Tissue

Mengingat besarnya pasar dan minat konsumen Indonesia terhadap ragam produk kosmetik, BPOM RI rutin melakukan sosialisasi lewat Kampanye Cerdas Gunakan Kosmetik Untuk Generasi Milenial  yang diadakan hingga ke daerah dan sekolah-sekolah.

Ini saran BPOM RI untuk sebelum membeli produk skin care dan kosmetik, cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa). Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mencari tahu lewat forum kecantikan dan review para pengguna lain, bahkan fungsi bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik juga bisa Anda temukan di internet. Jangan malas mengecek, ya, jangan sampai ingin cantik, tetapi malah Anda memakai bahan beracun yang berbahaya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan