Jumat , Desember 14 2018
Home / Health / Kulit Sensitif? Simak Cara Merawat Kulit Sensitif Tetap Sehat

Kulit Sensitif? Simak Cara Merawat Kulit Sensitif Tetap Sehat

Primaberita.com – Sobat Prima ada yang alami Kulit sensitf? , jaga kesehatan kulit yuk! Jika Anda memiliki kulit berjerawat, rosacea, dermatitis kontak, ataupun kondisi lain yang dapat membuat kulit sensitif terhadap banyak komposisi produk kulit, Anda membutuhkan strategi khusus dalam memilah-milih produk perawatan wajah yang tepat. Pasalnya, jika tidak hati-hati memilih produk, kulit sensitif rentan berjerawat dan meradang, kering bersisik, mengelupas, bahkan gatal-gatal. Lantas bagaimana cara merawat kulit sensitif? Cari tahu tipsnya di bawah ini.

Berbagai cara merawat kulit sensitif

1. Pembersih wajah

Kulit sensitif harus dibersihkan secara teratur dengan produk pembersih khusus untuk kulit sensitif. Umumnya, sabun dan pembersih wajah biasa kandungannya sangat keras sehingga dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Untuk mencegah timbulnya iritasi, carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat memberi efek menenangkan bagi kulit. Misalnya lidah buaya, vitamin E, dan lain sebagainya.

Selain itu, pilihlah sabun yang lembut dan pembersih wajah yang tidak menyebabkan alergi, menimbulkan komedo, dan tidak memicu timbul jerawat atau reaksi kulit lainnya. Nah, jenis pembersih wajah ini sangat baik untuk Anda yang berkulit sensitif.

2. Pelembap

Pelembap dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan memperkuat fungsi penghalang kulit pada orang yang memiliki kulit sensitif. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dalam memilih pelembap yang ada di pasaran. Khususnya terhadap produk pelembap yang kandungan kimianya terlalu berat atau yang mengandung parfum.

Baca:  7 Obat Batuk Alami Yang Ampuh Mengatasi Batuk Tanpa Efek Samping

Gunakanlah pelembap wajah tanpa pewangi dan tidak menyebabkan alergi. Cari tahu zat dan senyawa kimia mana yang menimbulkan reaksi pada kulit Anda dan catatlah dalam daftar belanja sehingga Anda bisa menyeleksi produk kecantikan mana yang baik untuk kulit sensitif Anda.

3. Tabir surya

Tabir surya penting digunakan setiap hari untuk segala jenis kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Kandungan pelindung UVA/ UVB dalam tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari dan akibat jangka panjang dari sinar matahari misalnya penuaan dini.

Cara terbaik untuk memilih tabir surya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide. Titanium dioxide dan zinc oxide adalah satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA untuk perlindungan matahari langsung.

Kedua mineral aktif ini berisiko lebih rendah menyebabkan reaksi alergi karena tidak menyerap ke dalam kulit. Oleh karena itu, produk pelindung matahari yang menggunakan filter UV ini adalah pilihan yang baik untuk anak-anak dan mereka yang memiliki kulit sangat sensitif terhadap sinar UV.

Baca:  Benarkah Obat Darah Tinggi Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru?

Tips mencoba produk baru untuk kulit sensitif

Setelah memahami berbagai cara merawat kulit sensitif seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tips lainnya yang harus Anda perhatikan. Terutama saat mencoba suatu produk baru. Yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Tes produk kecantikan dengan mengoleskan sedikit pada bagian belakang telinga selama jangka waktu tertentu untuk melihat hasilnya. Anda juga dapat mengetasnya di bagian tubuh lain, misalnya punggung tanggan atau siku.
  • Jika kulit tidak menunjukkan iritasi, ulangi langkah pertama, tapi oleskan produk di area samping mata.
  • Jika produk tidak menimbulkan tanda-tanda iritasi, kini Anda bisa mulai menggunakannya di wajah.

 

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbali ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Incoming search terms:
  • Merawat kulit tubuh yang sensitif

Tinggalkan Balasan