Jumat , Desember 14 2018
Home / Hiburan / Ternyata Ini Loh Yang Menjadi Penyebab Utama Rambut Bercabang

Ternyata Ini Loh Yang Menjadi Penyebab Utama Rambut Bercabang

Primaberita.com – Sobat Prima, jaga kesehatan selalu ya sobat termasuk kesehatan rambut kita agar tidak bercabang, dan ternyata ini loh yang menjadi penyebab utama membuat rambut bercabang. Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang maksimal untuk mempertahankan keindahannya. Perawatan yang diberikan juga harus diperhatikan, karena salah sedikit saja, hasilnya bisa fatal. Salah satu kerusakan rambut yang menjadi masalah sebagian besar perempuan adalah rambut bercabang.

Permasalahan yang terjadi pada bagian ujung rambut ini bisa dikenali dari ujung rambut yang menjadi sangat kering, warnanya yang tidak lagi hitam, rapuh, dan terlihat terbelah menjadi dua bagian. Ada banyak penyebab yang membuat rambut bercabang. Mulai dari terlalu sering berada di bawah sinar matahari, menggunakan hair dryer, mencatok rambut, salah memilih produk perawatan rambut, hingga karena adanya perubahan cuaca.

Jika Anda mengalami permasalahan rambut bercabang dan ingin mengatasinya, ketahui dulu detail setiap penyebab permasalahannya berikut ini.

1. Suhu panas dari hair dryer atau catokan

Hair dryer dan catokan merupakan solusi instan bagi perempuan yang ingin memiliki rambut yang lebih lurus, bervolume, lebih rapi, tidak mengembang, serta untuk mendapatkan gaya rambut yang sesuai keinginan.

Namun ternyata, suhu panas yang dihasilkan oleh hair dryer dan catokan bisa menghilangkan kandungan air alami pada rambut. Sehingga jika terlalu sering menggunakannya, rambut akan menjadi kering karena nutrisi alami yang ada pada rambut perlahan-lahan berkurang. Hal itu yang kemudian membuat ujung rambut menjadi lebih rapuh dan bercabang.

Baca:  Ternyata Senyawa Yang Terkandung Di Dalam Buah Apel Mampu Memperlambat Penuaan.

2. Sering mewarnai rambut

Anda tentu sudah tahu jika cat rambut mengandung banyak sekali bahan kimia bersifat keras yang dapat menimbulkan kerusakan rambut seperti rambut bercabang. Selain bisa melunturkan warna alami rambut, pemakaian cat rambut yang tidak benar juga bisa mengancam kesehatan rambut.

Jika pewarnaan rambut dilakukan berkali-kali tanpa menggunakan serum pelindung atau vitamin rambut, maka bisa dipastikan rambut Anda akan mengalami kerusakan.

3. Tidur dalam keadaan rambut basah

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa tidur dengan rambut yang masih basah dapat menjaga kelembapan rambut. Hal itu justru menjadi kesalahan besar meskipun kerusakan yang ditimbulkan tidak langsung terlihat.

Hairstylist Olga Gilbert dari salon J. Russell di California Selatan mengatakan bahwa rambut berada dalam kondisi sangat lemah ketika basah, karena membuat rambut lebih lentur dan rentan. Jika Anda terlalu sering tidur dalam keadaan rambut basah, folikel rambut akan menjadi mudah patah dan terbelah atau bercabang.

4. Salah memilih produk perawatan rambut

Hal paling mudah yang bisa dilakukan oleh perempuan untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan produk-produk berkualitas dan terpercaya. Namun, kadang perawatan rambut berlebih atau kesalahan dalam memilih produk justru bisa mengurangi nutrisi alami rambut yang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca:  NTB Kembali Diguncang Gempa Bumi 5,7 SR, Warga Berhamburan Ke Jalan

Rambut bisa menjadi mudah kusut, rapuh, pecah-pecah, dan bercabang di bagian ujungnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi rambut dan kulit kepala agar bisa memilih produk perawatan yang sesuai dan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

5. Tidak rutin memotong ujung rambut

Ujung rambut merupakan bagian rambut yang paling lama. Oleh karena itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga lebih sedikit. Hal itu menyebabkan ujung rambut menjadi mudah rapuh jika tidak rutin melakukan perawatan. Cara paling mudah untuk merawat ujung rambut agar terhindar dari bercabang adalah rutin memotongnya. Langkah tersebut dapat mencegah calon-calon rambut bercabang tidak menyebar dan bertambah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pencegahan rambut bercabang dengan memotong secara rutin ujung rambut Anda setidaknya dua sampai tiga bulan sekali. Anda cukup mengguntingnya sekitar 8-10 centimeter. Selain itu, pakailah kondisioner setiap keramas dan kenakan serum rambut jika akan melakukan kegiatan di bawah teriknya sinar matahari. Usahakan juga untuk tidak menyisir rambut ketika dalam keadaan basah.

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui secara detail tentang keadaan rambut dan kulit kepala agar lebih mudah dalam merawatnya. Hal ini bisa juga membantu Anda untuk memilih produk perawatan yang sesuai untuk mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut.

Tinggalkan Balasan