Kesehatan

Ini Dia Rahasia Para Dokter Gigi Untuk Mencegah Gigi Rusak Karena Kopi

Primaberita.com – Menjaga Kesehatan mulut terutama gigi juga pasti sangat penting dong ya, dan Sebagai pecinta kopi, Sobat pasti tahu dong, manfaat dari minuman yang satu ini? Selain membuat Anda kembali segar dan terjaga, kopi juga terbukti mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Meski begitu, Anda harus ingat juga kalau ada efek buruk yang ditimbulkan oleh kopi, salah satunya adalah menyebakan kerusakan gigi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Ternyata, ada banyak dokter yang juga tidak bisa hidup tanpa kopi, termasuk dokter gigi. Hebatnya, mereka tahu cara jitu untuk cegah gigi rusak akibat terlalu sering mengonsumsi minuman hitam ini. Nih, dibawah ini ada 5 tips yang dibagikan untuk Anda.

1. Sikat gigi Anda dua kali sehari

Mungkin hal ini sudah sering anda terapkan, tetapi banyak juga yang tidak melakukannya. Dr. Matthew Messina, DDS, penasihat konsumen untuk American Dental Association dan asisten profesor di The Ohio State University College of Dentistry, menyarankan Anda untuk tidak pernah lupa gosok gigi dua kali sehari, pagi dan malam. Bahkan lebih baik lagi jika Anda gosok gigi usai tegukan terkahir kopi habis. Jangan lupa juga untuk memakai dental floss minimal satu kali sehari untuk menghilangkan plak, penyebab umum noda gigi.

2. Langsung minum air putih

Cara terbaik lainnya untuk cegah noda pada gigi usai menggosok gigi adalah minum segelas air putih setelah menegak segelas kopi. “Jika Anda tidak bisa sikat gigi, berkumurlah dengan air atau minum segelas air biasa, itu akan membantu mengeluarkan bakteri dari permukaan dari gigi,” kata Dr. Matthew.

3. Minumnya diteguk, jangan dikumur di mulut

Dr. Alice Boghosian, DDS, juru bicara ADA dan instruktur klinis di University of Illinois di Chicago College of Dentistry menjaga giginya tetap putih dengan memastikan dia langsung meneguk kopi miliknya, dan tidak membiarkannya terkumpul di dalam mulut.

4. Minum menggunakan sedotan

Dr. Alice juga menyarankan Anda untuk meminum kopi menggunakan sedotan. Dengan begitu, kopi akan langsung terhantar ke tenggorokan tanpa melewati gigi. Disarankan sebaiknya Anda tidak menggunakan sedotan plastik supaya lebih ramah lingkungan. Ganti sedotan Anda dengan sedotan stainless atau yang terbuat dari bambu.

5. Jangan tambahkan gula

Gaya minum kopi tiap orang berbeda-beda. Ada yang senang kopi pahit, dengan creamer, atau dengan tambahan gula atau karamel. Namun, Dr. Matthew menyarankan sebaiknya untuk tidak memakai gula dalam kopi Anda. Sebab gula memiliki kecenderungan untuk menempel ke gigi dengan sangat mudah. Jadi, nikmati kopi Anda tanpa gula, atau mulai kurangi sedikit demi sedikit penggunaannya.

Nahhhh Jadi sobat Prima tetap bisa mengonsumsi si kopi dengan nikmat tanpa perlu takut gigi menguning atau rusak!

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbali ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Bagikan:

Tinggalkan Balasan