FOOD Kuliner Travel

Sangat Di Gemari Di Indonesia, Ini Asal Muasal Bakso

Primaberita.com – Jika berbicara kuliner nusantara, siapa yang tidak kenal dengan bakso? Ya, bakso merupakan salah satu makanan yang paling di gemari di Tanah Air. Bahkan karena sangat populer, warung bakso ada dimana-mana. Namun tahukah anda dari mana asal muasal bakso?

Menurut sejarah, bakso pertama kali ada di Indonesia karena dibawa oleh imigran dari China pada ribuan tahun yang lalu. Bakso sendiri merupakan makanan favorit di Fuzhou, di Provinsi Fujian, China pada abad 17 di era Dinasti Ming.

Menurut ceritanya, orang yang pertama kali membuat bakso adalah pria bernama Meng Bo. Ia membuat bakso dengan tujuan agar sang ibu yang sedang sakit tetap bisa makan daging.

Awal mulanya, ia terinspirasi kue moci dan kemudian terinsipirasi membuat olahan daging yang lembut dengan bentuk bulat yang kemudian direbus. Uniknya, bakso yang berasal dari kata ‘bak’ (daging) dan so (sup/kuah) buatan nya langsung popular di seluruh penjuru China.

Berbeda dengan di China yang mengolah bakso menggunakan daging babi, di Indonesia bakso biasanya dibuat menggunakan daging sapi. Tapi banyak juga yang membuat bakso dari daging ayam, ikan, udang, hingga daging kerbau.

Di Tanah Air ada beberapa wilayah yang terkenal dengan hidangan bakso salah satunya kota Wonogiri, Solo, dan Malang. Dari tiga kota ini, perkembangan bakso di seluruh penjuru Indonesia semakin pesat.

Karena rasanya yang enak dan diterima masyarakat di Indonesia, bakso pun kini kian populer dan semakin di sukai. Dari sana juga bermunculan jenis bakso lainnya, yang mengikuti perkembangan jaman dan tren.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan