Alasan Jamur Adalah Superfood yang gampang di temukan dan murah

Primaberita.com – Ternyata jamur adalah Superfood yang bagus untuk Kesehatan dan gampang di temukan juga murah loh sobat Prima. Sebagian orang tidak suka jamur karena reputasinya sebagai fungus, yang mungkin membuatnya sedikit ‘kotor’. Namun jamur penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Plus, Anda tidak perlu membayar harga yang mahal untuk membeli bahan makanan satu ini. Bahkan jamur yang biasa Anda temukan di piring mie goreng atau jenis yang dijual crispy di pinggir jalan punya nutrisi yang lumayan. Jika Anda belum yakin untuk menyantap jamur, ini 4 alasan yang kami berikan untuk Anda.

Penuh vitamin B

Vitamin B seperti riboflavin, niacin, dan folat adalah kunci untuk proses tubuh yang tak terhitung jumlahnya. Beberapa jamur lebih tinggi dalam vitamin B tertentu daripada yang lain, jadi makan jenis beragam dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Misalnya, jamur portobello memiliki folat lebih dari jamur Italia dan crimini, sementara jamur shiitake memberikan lebih banyak vitamin B6 daripada varietas lainnya.

Daya tahan tubuh

Jamur menyediakan antioksidan, yang secara konsisten berguna untuk berbagai macam manfaat kesehatan. Pertama, mereka melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer. Antioksidan juga berguna untuk memperlambat proses penuaan pada kulit. Seakan itu tidak cukup, jamur juga merupakan sumber selenium yang kaya, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, produksi DNA, dan fungsi kelenjar tiroid.

Memperkuat rasa makanan

Jamur adalah pendamping makanan yang pas, sehingga banyak yang menyampurkan jamur ke bahan makanan lain. Jamur seperti memberikan rasa umami yang bisa menambah rasa gurih. Jamur adalah cara yang bagus untuk menambah kekayaan rasa hidangan pasta dan salad.

Cepat merasa kenyang

Jamur adalah cara rendah kalori yang bagus untuk menambahkan tekstur, curah, dan kedalaman rasa ke piring. Pas banget buat Anda yang sedang diet.

Tidak semua jamur aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis jamur yang mengandung racun dan dapat membahayakan tubuh. Beberapa kemungkinan efek buruk jamur tersebut bila dikonsumsi adalah sebagai berikut.

1. Keracunan

Keracunan bisa terjadi ketika mengonsumsi jamur yang terkontaminasi Camplylobacter jejuni, yaitu bakteri yang bisa muncul pada jamur. Dilansir dari Live Strong, Al Wagner dan Texas Agricultural and Mechanical College, keracunan ini menyebabkan mual, diare, atau kram perut.

Mengonsumsi jamur liar seperti jamur amanitas dan jamur cokelat dapat menyebabkan kematian. Sebuah studi juga menemukan bahwa beberapa jamur liar mengandung logam berat dan bahan kimia berbahaya.

2. Meningkatkan risiko berbagai penyakit

Beta-glukan yang terdapat pada jamur memang dapat mencegah berbagai penyakit. Namun, kelebihan beta-glukan dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit lupus, asma, rematik, dan multiple sclerosis. Namun hingga kini, penelitian belum menyimpulkan seberapa banyak kandungan beta-glukan dapat menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

Jamur yang tumbuh di area industri, kemungkinan besar mengandung arsenik yang sebaliknya dapat meningkatkan penyakit kanker.

3. Psikosis

Menurut National Institute on Drug Abuse, salah satu jamur, yaitu psilocybin (magic mushroom) dapat menyebabkan halusinasi, perilaku irasional, persepsi penglihatan atau suara yang menyimpang, menjauhkan diri dari orang lain dan lingkungan.

Perubahan psikosis itu terjadi setelah 20 menit dikonsumsi dan efeknya bisa bertahan hingga enam jam. Selain itu, mengonsumsi jamur ini dapat menyebabkan kelemahan otot, mengantuk, mual, muntah, dan ataksia (kehilangan kendali atas fungsi tubuh).

4. Alergi

Spora yang dihasilkan oleh beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi ekstrem pada orang tertentu. Spora tersebut terbang di ke udara di lingkungan yang lembap. Apabila tercium oleh orang yang memiliki alergi, spora jamur akan menyebabkan infeksi pernapasan, penyakit asma, atau paru-paru.

Untuk itu, agar terhindar dari efek buruk jamur, pastikan Anda hanya mengonsumsi jamur yang dijual di tempat terpercaya. Jangan sembarangan mengonsumsi jamur yang tumbuh di lingkungan rumah Anda, maupun saat Anda sedang camping di kebun atau hutan. Hindari mengonsumsi jamur yang tidak Anda ketahui jenisnya. Kemudian pastikan pengolahan jamur dilakukan dengan baik (dicuci dan dimasak).

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih!…. 😀

Add a Comment