Home / Dunia / Ternyata Pola Diet Mediterania Mampu Turunkan Wanita Terkena Stroke

Ternyata Pola Diet Mediterania Mampu Turunkan Wanita Terkena Stroke

Primaberita.com – Nah… sobat Prima, ternyata pola diet Mediaterania sangat bagus untuk kesehatan tubuh yaitu mampu turunkan wanita terkena stroke loh! Selama ini berbagai studi telah menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, dan meningkatkan tidur. Sekarang sebuah penelitian terbaru menemukan manfaat baru dari diet tersebut.

Diet Mediterania kembali mendapat perhatian karena dampaknya yang bagus untuk penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kacang-kacangan dan minyak zaitun dalam menu Mediterania sangat efektif menjaga jantung tetap sehat.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 7000 orang yang rentan terserang penyakit jantung dan stroke memberikan hasil bagus. Terbukti diet mediterania lebih efektif menurunkan risiko penyakit mereka dibandingkan dengan diet rendah karbohidrat.

Baca:  Ada Ronaldo, Luka Modric Siap Hijrah Ke Juventus

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of East Anglia menyebutkan bahwa wanita yang menjalani diet Mediterania—yaitu mengonsumsi banyak ikan, minyak zaitun, dan sayuran, memiliki pengurangan risiko terkena stroke sebanyak 22%.

Hasil penelitian tersebut tentu saja kabar bagus untuk para wanita. Sayangnya, pengurangan risiko sebanyak itu tidak terjadi pada pria. Para ahli memperingatkan bahwa pria hanya akan mengalami penurunan risiko terkena stroke sebanyak 6%, bahkan mungkin saja tidak sama sekali.

Penulis utama penelitian, Profesor Ailsa Welch, mengatakan, “Tidak jelas mengapa kami menemukan perbedaan antara wanita dan pria. Namun, bisa jadi komponen diet itu sendiri yang dapat memengaruhi pria secara berbeda dari wanita.”

Baca:  Finish Kedua Musim Lalu, The Doctor Optimis Hadapi GP Australia

Selain itu, Profesor Ailsa juga bilang bahwa pria dan wanita biasanya menderita jenis stroke yang berbeda, sehingga hasil diet Mediterania juga bisa berbeda pada kedua jenis kelamin. Namun, dia berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan mengenai perbedaan pengaruh tersebut.

Sementara itu, pengaruh diet Mediterania dengan penurunan risiko stroke kemungkinan besar disebabkan dari manfaatnya untuk kesehatan jantung. Orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, juga rentan terhadap stroke. Jadi, saat menjalani diet Mediterania dan jantung mereka lebih sehat, risiko terkena stroke juga lebih rendah.

Terimakasih sudah berkunjung !

Tinggalkan Balasan