Kesehatan

Ternyata Tidur Teratur Sangat Amat Penting Untuk Kesehatan Tubuh !

Primaberita.com – Sobat Prima, ternyata sangat amat penting tidur teratur untuk kesehatan tubuh kita loh sobat. Selama ini banyak orang yang berusaha memenuhi kebutuhan tidur malam hari minimal tujuh hingga delapan jam, demi menjaga kesehatan. Ternyata, menurut penelitian terbaru tidak hanya itu yang harus dilakukan.

Para ilmuwan di Duke University menambahkan satu hal lagi yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan, yaitu memiliki waktu tidur yang teratur. Para peneliti menemukan orang dewasa yang tidak mengikuti jadwal tidur teratur memiliki kesehatan yang kurang, yang ditandai dengan kadar gula darah dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Selama ini, nasihat ‘Pukul 10 malam sudah harus tidur’ hanya diberikan pada anak-anak, yang ternyata sebenarnya juga harus dilakukan oleh mereka yang sudah dewasa sekalipun.

Para peneliti menemukan keteraturan tidur seseorang adalah ukuran terbaik untuk memprediksi risiko penyakit jantung dan metabolisme. Selain itu, dari 1.978 peserta penelitian, mereka yang melaporkan tidur yang tidak teratur juga lebih mungkin mengalami depresi dan stres, yang juga terkait dengan kesehatan jantung.

Namun, para peneliti mengatakan tidak jelas apakah tidur yang tidak teratur yang menyebabkan kondisi tersebut atau kondisi itu yang menyebabkan orang jadi tidur tidak teratur.

“Mungkin semua hal ini berdampak satu sama lain. Atau, seperti beberapa penelitian menunjukkan, mungkin tidur yang buruk mengganggu metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, dan itu adalah lingkaran setan,” kata Dr. Jessica Lunsford-Avery, PhD, penulis utama penelitian.

Untuk itu, tim peneliti berencana untuk melakukan lebih banyak penelitian agar lebih memahami apa yang terjadi secara biologis dan bisa menentukan seberapa besar pengaruh tidur tidak teratur untuk kesehatan atau sebaliknya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan