Moms, Ini Dia Cara Mudah Mencegah Anak Terserang Diabetes Melitus

Primaberita.com – Moms, jaga terus kesehatan anak ya moms, ini dia cara mudah mencegah anak terserang diabetes melitus. Sebelumnya saya membahas mengenai gejala diabetes melitus yang menyerang anak, kini saya ingin beritahu informasi mengenai cara mencegah anak terserang diabetes melitus. Tips-nya mudah, kok, asalkan Anda terapkan dengan rutin dan dibiasakan pada anak.

1. Pertahankan berat badan ideal anak

Sebelum memulai, hitung dulu berapa berat badan anak saat ini. Anda bisa pakai rumus Brosca, yaitu (tinggi badan – 100 cm) – ((tinggi badan – 100 cm) x 15%) = berat badan ideal. Pada perkalian persenannya, untuk anak perempuan dikali 15%, sedangkan anak lelaki dikalikan 10%. Jika anak punya berat badan berlebih, usahakan untuk mengurangi 5-10 persen untuk menurunkan risiko. Diet kalori dan rendah lemak sangat disarankan sebagai cara terbaik menurunkan berat badan dan mencegah diabetes melitus.

2. Ajak anak banyak makan buah dan sayur

Selain memperbanyak asupan serat dan melancarkan pencernaan, makan buah dan sayur membuat anak kenyang dalam waktu yang lama sehingga dia akan jauh dari makan camilan, yang banyak mengandung gula. Dengan banyak makan dua bahan makanan tersebut, maka risiko deabetes melitus tipe 2 akan berkurang.

3. Kurangi asupan minuman manis dan bersoda

Seperti yang saya bisa sebelumnya, jauhkan anak dari minuman yang mengandung soda dan pemanis buatan. Meski nikmat, tetapi itu sangat berbahaya untuk anak. Setelah mengonsumsi minuman manis anak juga jadi enggan minum susu atau makanan lain yang rasanya tidak manis.

4. Biasakan anak rutin olahraga

Tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama, cukup ajak si kecil bergerak minimal 30 menit dan dia akan terjauh dari risiko diabetes melitus dan dapatkan berat badan ideal. Selain itu, olahraga juga membantu menurunkan kadar gula serta insulin dalan tubuh si kecil.

5. Batasi penggunaan gadget setiap hari

Para ahli menyerankan anak-anak untuk memakai gadget maksimal 2 jam dalam sehari. Kalau Anda berlebihan memberikannya, kesehatan anak akan terganggu. Anak akan lebih banyak duduk diam dan tidak bergerak. Tentu itu akan membuat tubuhnya banyak menumpuk lemak hingga terjadi obesitas. Beri batasan keras tentang penggunaan gadget dan isi waktu kosong anak dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih !….

Add a Comment