Health

Ternyata Keringat Yang Kita Keluarkan Bisa Cek Kesehatan Kita Loh !

Primaberita.com – Sobat Prima tanpa kita sadari ternyata dari keringat yang kita keluarkan itu bisa cek kesehatan kita loh sobat. Keringat dapat menunjukkan banyak hal: Anda baru saja berlari maraton, udara yang terlalu panas, atau Anda gugup saat wawancara kerja. Selain berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh, keringat dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kesehatan Anda, mulai dari masalah mendasar hingga metrik tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. Cara kita berkeringat hingga bagaimana kita berkeringat dapat memberi kita indikasi tentang kesehatan kita secara keseluruhan.

Produk pakaian mulai dapat melacak keringat dan komponennya, dan menganalisisnya menjadi data tentang kesehatan Anda; di masa depan, atlet elit dan pasien rumah sakit mungkin dilengkapi dengan pembalut yang bisa dipakai untuk menganalisis komposisi keringat mereka dan membantu dokter dan pelatih menarik kesimpulan dari hal tersebut. Kita memang belum sampai disana tetapi Anda tetap bisa mengecek secara manual apa saja pertanda dari keringat yang Anda keluarkan.

Apakah Anda Kekurangan Sodium

Dalam artikel di Women’s Health, kalau keringat Anda terasa sangat asin, mungkin Anda tidak mendapat cukup sodium dalam makanan Anda. Sodium adalah elektrolit yang diperlukan oleh tubuh. Sodium merupakan nutrisi yang membantu dalam energi dan pemulihan. Jika tubuh tidak mendapat cukup sodium, maka Anda tidak terhidrasi dengan baik.

Apakah Anda Hamil

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda tiba-tiba mulai berkeringat lebih banyak dan melihat tanda-tanda lain bahwa Anda mungkin hamil seperti tidak mendapat menstruasi atau payudara yang membengkak, mungkin sudah waktunya untuk melakukan tes kehamilan; berkeringat sangat umum selama trimester pertama kehamilan, atau tiga bulan pertama. Ini adalah bagian dari adaptasi tubuh terhadap tuntutan suhu baru karena memicu pertumbuhan kehamilan.

Apakah Anda Memiliki Hiperhidrosis

Jika Anda banyak berkeringat, secara teknis adalah kondisi yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis primer tidak memiliki penyebab yang mendasari, tetapi hiperhidrosis sekunder terjadi karena tubuh Anda bereaksi terhadap obat-obatan, penyakit, atau gangguan melalui keringat. Hiperhidrosis dapat disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif, cemas, obat-obatan tertentu, dan sistem kekebalan tubuh; saat Anda bereaksi terhadap demam atau infeksi, Anda dapat berkeringat berlebihan untuk mencoba memoderasi suhu tubuh.

Tingkat Glukosa Anda

Penderita diabetes bisa sering berkeringat, terutama sebagai respons terhadap kadar glukosa (gula darah) yang rendah. Karena glukosa turun di malam hari, penderita diabetes mungkin juga berkeringat di malam hari saat mereka tidur. Penting untuk diingat bahwa meskipun Anda berkeringat di malam hari tetapi hal tersebut tidak selalu menunjukkan diabetes atau bahkan rendahnya kadar gula darah, karena setiap tubuh berbeda.

Seberapa Baik Anda Berolahraga

Di masa depan, mungkin akan umum bagi para atlet elit untuk menggunakan sensor keringat yang bisa menentukan bagaimana tubuh mereka bekerja saat sedang berolahraga. Keringat dapat memberi data yang banyak tentang ketahanan dan kinerja seseorang selama pertandingan atletik. Sensor telah ditemukan yang mendeteksi laktat, zat kimia yang memancarkan keringat selama latihan berat yang memiliki hubungan dekat dengan kelelahan otot. Sensor juga dapat memeriksa kadar kalium, natrium dan glukosa dalam keringat untuk mengukur dehidrasi dan cadangan energi. Keringat yang membasahi Anda selama spin class memiliki banyak informasi tentang latihan Anda dan seberapa keras Anda berolahraga.

Berapa Banyak Cairan yang Hilang

Seperti yang mungkin Anda ketahui, tubuh Anda berkeringat untuk mendinginkan diri dan hal tersebut berakit pada hilangnya kelembapan. Jika Anda terlalu banyak berkeringat, ada kemungkinan Anda mengalami dehidrasi. Pastikan Anda minum banyak air jika Anda banyak berkeringat untuk mencegah dehidrasi.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih!…

Tinggalkan Balasan