Primaberita.com – Sepatu menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki setiap orang. Selain menambah karakter seseorang sepatu juga melindungi kaki,akan tetapi dalam beberapa kasus yang terjadi pemakaian sepatu malah melukai kaki si pemakai.

Kondisi itu di sebut blister, yaitu lecet pada kaki akibat sepatu baru atau sepatu yang kekecilan. Kulit kaki menjadi melepuh dan itu menyebebkan ketidaknyamanan dan tentu saja menimbulkan rasa sakit.

Untuk menghindari terjadinya blister, berikut beberapa ide yang dapat kamu aplikasikan pada saat pemakaian sepatu :

1. Gunakan Kaus Kaki

Pilih kaus kaki yang sedikit tebal untuk melindungi kakimu dari gesekan tumit dengan sepatu yang kamu kenakan. Pastikan kaus kaki yang kamu gunakan melindung seluruh area tumit dan pinggir permukaan kaki.

2. Gunakan Heels Grip

Heels grip adalah ganjalan sepatu yang ditempatkan pada bagian belakang pergelangan kaki. Berguna untuk mencegah lecet  pada kaki karena terkena bagian belakang sepatu. Selain itu heels grips juga bisa dimanfaatkan untuk sepatu yang kebesaran.

3. Masukkan Es Batu

Suhu dingin dapat merenggangkan sepatu. Caranya dengan bungkus es batu dengan plastik kemudian masukkan kedalam sepatu setelah itu masukkan sepatu ke dalam freezer agar es batu tidak mencair, diamkan selama semalaman.

4. Gunakan Deodorant Atau Petroleum Jelly

Olesi kaki yang rawan terkena lecet dengan petroleum jelly atau deodorant. Lapisan yang dihasilkan akan melindungi kaki dari gesekan. Selain itu deodorant juga bisa membuat kaki bebas keringat.