Atur Strategi Menyerang, PSI Beberkan Sejumlah Dosa Partai Lama

Primaberita.com – Panggung politik Tanah Air semakin memanas usai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) blak-blakan dan membeberkan sejumlah ‘dosa-dosa’ partai lama.

Melalui Ketua Umum nya yakni Tsamara Amany, PSI menyinggung soal komitmen partai lama terhadap pemberantasan korupsi. Ia menuding hingga kini komitmen itu jauh dari kata terealisasi.

Tsama mengungkapkan karena komitmen pemberantasan korupsi tak jua terealisasi, maka imbasnya akan mempengaruhi proses rekrutmen partai. Tak dapat dipungkiri bahwa proses rekrutmen partai lama tak jauh dari kata ‘mahar politik’.

“Parpol bahkan belum berkomitmen menghadirkan politisi yang bersih, baik untuk legislatif maupun eksekutif. Kita tidak tahu apa yang terjadi dan dibicarakan. Tapi kabar yang santer beredar selalu melibatkan sejumlah uang sebagai mahar. Tak ada uang, tak ada pencalonan,” beber Tsamara.

Ia pun menambahkan jika dua ‘dosa’ itu masih terus dilakukan oleh partai lama, eksistensi partai lama akan meredup dan hal itu akan menguntungkan partai-partai baru.

“Partai harus berani membuka sistem rekrutmen caleg secara transparan untuk menghindari kecurigaan. Ketika partai-partai politik lama gagal karena terbenam dalam tradisi usang dan berbahaya, kehadiran sebuah partai baru yang menawarkan antitesis menjadi sangat relevan,” tutup Tsamara.

Add a Comment