Ekonomi Bisnis Nasional

Forbes Rilis 2000 Perusahaan Terbaik Dunia, 6 Diantaranya Dari Indonesia

Primaberita.com – Majalah bisnis dan financial asal Amerika yakni Forbes baru saja merilis daftar 2000 perusahaan terbaik di dunia. Dalam daftar tersebut terdapat 6 perusahaan asal Indonesia yang beberapa di antaranya di kelola oleh BUMN.

Pada urutan pertama dari Indonesia atau ke 11 di peringkat dunia ada Bank Mandiri yang merupakan salah satu perusahaan BUMN. Saat ini  Bank Mandiri memiliki sekitar 38.307 pegawai dan kapitalisasi pasar US$ 24,1 miliar dengan layanan  korporasi, bisnis dan komersial, ritel dan mikro, konsumer, treasury.

Di urutan kedua Indonesia ada Bank Central Asia (BCA). Perusahaan yang saat ini di pimpin oleh Jahja Setiaatmadja ada di urutan ke 32 dalam skala perusahaan terbaik dunia dan memiliki 26.962 karyawan.

Pada urutan ketiga atau posisi 109 dalam skala dunia ditempati Gudang Garam. Perusahaan rokok asal Kediri ini didirikan pada 1971, saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 9,7 miliar.

Posisi ke empat dari Indonesia atau posisi ke 112 dunia kembali di isi oleh perusahaan BUMN yakni PT Telkom Indonesia. Perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air itu memiliki kapitalisasi pasar US$ 25,8 miliar dan jumlah karyawan 24.065 orang.

Sementara itu di posisi ke lima dari Indonesia atau urutan ke 157 di dunia ada perusahaan BUMN lain yakni Bank Negara Indonesia (BNI). BNI saat ini memiliki jumlah karyawan 27.803 orang dan kapitalisasi pasar US$ 11,1 miliar.

Yang terakhir atau posisi ke enam serta urutan 186 pada skala dunia ada juga di duduki perusahaan BUMN yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank yang dipimpin oleh Suprajarto ini memiliki kapitalisasi pasar US$ 27,7 miliar.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan