FOOD Health Lifestyle

Benarkah Minum Kopi Pakai Gula Aren Lebih Sehat Untuk Tubuh ?

Primaberita.com – Minum kopi pakai gula aren benarkah lebih sehat untuk tubuh kita? Belakangan ini, kopi dengan gula aren menjadi tren. Banyak kedai kopi yang menjual kopi gula aren sebagai minuman favorit mereka. Namun, pertanyaannya, apakah minum kopi dengan gula aren itu lebih sehat daripada gula putih? Atau sama saja?

Jawabannya; gula aren memang lebih unggul karena terbuat dari nira (cairan yang keluar dari batang pohon enau). Melansir dari kompas.com, gula aren ternyata diperkaya oleh beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti fosfor, kalium, zink, zat besi, dan juga kaya akan vitamin B8 (inositol), asam float, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin). Vitamin ini berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat.

Selain itu, studi juga menemukan bila dari kandungan nutrisinya, gula aren lebih unggul dibanding gula putih. Apalagi, gula putih termasuk sumber makanan yang tinggi kalori, tapi gizinya minim, bahkan hampir tidak ada. Gula aren dianggap sebagai salah satu pemanis alternatif karena mengandung banyak serat yang disebut insulin, sehingga bisa membantu menjaga kadar gula tetap normal.

Namun, bagaimanapun juga, gula aren tetap gula. Jadi, bisa meningkatkan asupan jumlah kalori. Bila tidak dibatasi, gula aren juga dapat menyebabkan risiko kenaikan berat badan hingga penyakit kronis, seperti penyakit jantung, dan diabetes. Para ahli tetap menyarankan untuk mengonsumsi gula cukup 5-9 sendok teh per hari atau setara 50 gr gula.

Porsi minum kopi juga perlu dibatasi

Terlepas dari minum kopi pakai gula aren atau gula putih, seberapa banyak kita minum kopi juga sebenarnya perlu diperhatikan. Walau memakai sedikit gula, jika terlalu sering minum kopi, asupan gula tentu akan tetap meningkat, bukan? Bukan cuma kandungan gulanya yang jadi masalah.

Kopi mengandung banyak kafein yang juga perlu dibatasi. Per hari kita disarankan minum hingga 2-3 cangkir kopi saja, atau sekitar 400 sampai 600 mg kafein. Untuk mengurangi asupan kafein, sebaiknya pilih kopi decaf, yaitu kopi dengan bebas atau dengan sejumlah kecil kafein.

Agar kebiasaan minum kopi tetap sehat, jangan lupa untuk mengatur kembali waktu minum kopi. Jangan terlalu pagi dalam kondisi perut masih kosong karena bisa membuat sakit perut. Bukan juga terlalu malam yang bisa membuat susah tidur.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. Terus jaga kesehatan terus ya sobat Prima semua, karna sehat itu malal. hihihihi… 😀

Terimakasih ! …….

Bagikan:

Tinggalkan Balasan