Lifestyle Serba Serbi

Ternyata Beberapa Buah Ini Sering Kita Anggap Sebagai Sayur

Primaberita.com – Ternyata beberapa buah ini tanpa kita sadari sering kita anggap sebagai sayur loh sobat Prima. Seperti “Timun” itu sayur atau buah ya? Kamu pasti sering merasakan kebingungan untuk menimbang-nimbang beberapa jenis makanan, apakah mereka termasuk sayur ataukah buah-buahan. Dan karena sifat mereka yang sangat sering menjadi bahan dasar masakan, maka tidak jarang pula kita menggolongkannya kedalam jenis sayuran.

Tapi ternyata apa yang anda perkiraan itu salah. Karena ternyata 7 bahan makanan yang kamu pikir adalah sayur ini, justru tergolong kedalam jenis buah-buahan. Mau tahu apa saja? Yuk, kita lihat sama-sama!

Dilansir Healthline, ilmu botani mendefinisikan buah sebagai sesuatu yang tumbuh bunga, memiliki biji, dan membantu proses reproduksi tumbuhan. Sementara sayuran merupakan bagian dari tumbuhan, baik itu akar, batang, maupun daun dari tumbuhan.

Beberapa buah sering dianggap sebagai sayur. Apa saja ‘sayuran’ yang sebenarnya adalah buah-buahan?

1. Tomat.

Seperti yang telah dikatakan di atas, tomat sebenarnya adalah buah-buahan. Alasannya karena tomat memiliki biji dan tomat tumbuh dari bunga. Yang menarik, pada tahun 1893 Mahkamah Agung Amerika Serikat menentukan secara hukum bahwa tomat adalah sayuran.
Dilansir Healthline, hal ini dikarenakan terjadi perdebatan mengenai apakah tomat sayur atau buah. Importir tomat mengatakan tomat adalah buah untuk menghindari pajak sayuran. Hingga akhirnya Mahkamah Agung AS memutuskan kalau tomat adalah sayuran berdasarkan kegunaannya dalam memasak.

2. Timun.

Sama seperti tomat, timun sebenarnya adalah buah, bukan sayur. Alasan mengapa timun sering dikira sebagai sayur adalah karena penggunaannya untuk membuat makanan asin seperti sup.
Menurut The Free Range Life, timun dikategorikan sebagai buah-buahan karena memiliki biji dan tumbuh dari bunga. Bila tidak percaya, maka perhatikan tanaman timun, sebelum menjadi buah, ada bunga berwarna kuning yang kemudian akan tumbuh menjadi timun.

3. Cabai.

Ya, bahkan cabai pun sebenarnya bukanlah sayur, melainkan buah. Memang sulit membayangkan cabai yang pedas ternyata masuk dalam kategori buah-buahan, tetapi memang demikian kenyataannya karena cabai memiliki biji.
Pepperscale mengatakan cabai masuk ke dalam Solanaceae, keluarga tumbuhan berbunga.

4. Terong.

Terong dan cabai masuk ke dalam keluarga yang sama, yaitu Solanaceae. Solanaceae adalah tumbuhan berbunga dan beberapa di antara jenisnya dapat dimakan, seperti terong, cabai, dan tomat. Dilansir Britannica, terong memiliki bunga berwarna keunguan yang kemudian akan tumbuh menjadi buah terong berwarna ungu yang sering kita konsumsi.

5. Buncis.

Buncis memang sering kali dimasak dengan cara ditumis dan disajikan sebagai sayuran untuk pendamping nasi. Namun, sebagaimana yang dikatakan oleh Toby Adams, direktur Edible Academy at the New York Botanical Garden kepada Mashable, buncis sebenarnya adalah buah. Bagian hijaunya disebut sebagai pod atau polong, dan butiran di dalamnya yang seringkali disebut sebagai kacang sebenarnya adalah biji.

6. Kacang Polong.

Sebagai jenis kacang-kacangan yang sering diolah menjadi menu masakan favorit keluarga, kacang polong yang dikira sebagai sayur ini ternyata tergolong sebagai jenis buah-buahan. Pasalnya,karena kacang polong tumbuh dari tanaman berbasis bungalah yang membuat dirinya tergolong dalam jenis buah-buahan.

7. Labu.

Jenis tanaman yang satu ini sudah sangat yakin diklaim sebagai sayur, melihat teksturnya yang sangat sesuai dengan kriteria sayuran. Selain itu daripada dikonsumsi langsung, labu seringkali diolah menjadi menu masakan favorit keluarga. Namun, sekali lagi dengan jawaban yang ilmiah, labu digolongkan sebagai buah.

8. Paprika.

Walaupun hanya dikonsumsi sebagai campuran menu makanan tertentu, paprika seolah jauh dari perdebatan mengenai golongan sayur atau buah. Namun, sekali lagi alasan ilmiah menggolongkan paprika sebagai buah.

9. Zaitun.

Memiliki sejuta manfaat, zaitun sangat terkenal dalam dunia kecantikan maupun kesehatan. Tumbuh dari tanaman berbunga dengan aroma yang khas, zaitun digolongkan menjadi tanaman buah.

Nah, bagaimana? sudah puaskan dengan jawaban ini. Akhirnya dengan jawaban yang menyakinkan kamu bisa mengakhiri dilema penggolongan sayuran dan buah ini.
Semoga Artikelnya bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Nuwun… :$

Tinggalkan Balasan