Internasional

Pesona Danau Natron Yang Cantik Nan Indah Namun Mematikan

Primaberita.com Danau Natron terletak di utara Tanzania dekat dengan perbatasan Kenya , disebelah utara timur  Kawah Ngorongoro, Lembah Rift, afrika. Diapit oleh bukit vulkanik dan kawah yang dalam.

Danau Natron adalah danau garam yang memilik ph air sampai 01,5 dengan suhu air mencapai 60 derajat celcius, sehingga dapat membakar kulit ataupun mata hewan yang tidak dapat beradaptasi dengan danau ini.

Nama danau natron diambil dari mineral natrium karbonat dekahidrat yang biasanya digunakan oleh masyrakat mesir kuno untuk membuat mumi. Hewan yang masuk ke air danau ini akan berubah menjadi batu.

Danau ini terbentuk akibat letusan gunung api Ol Doinyo Lengai pada tahun 1883,gunung api ini merupakan satu-satunya gunung api yang letusannya memuntahkan “natrocarbonatite” yang kaya akan kalium karbonat, sodium, dan gregoryite.material-material letusan gunung ini lalu terbawa air hujan dan terkumpul di danau natron, sehingga menyebabkan danau natron menjadi danau kematian, setiap hewan yang masuk ke air danau akan langsung menjadi seperti batu.

Hannes Mattsson, seorang peneliti di Swiss Institute of Technology di Zurich mengatakan, gunung berapi lain biasanya memuntahkan silikat, namun Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya di planet ini yang menyemburkan “natrocarbonatite” yang kaya akan sodium, kalium karbonat,  nyerereite dan gregoryite. Jauh lebih asin dari silikat.

Walaupun diketahui danau ini mematikan, ada juga spesies yang dapat bertahan hidup di danau ini yaitu invertebrata, bakteri, alga, dan sejenis ikan nila yang dapat bertahan hidup di sepanjang tepian danau yang kadar keasinannya masih rendah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan