Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Primaberita.com – Ternyata memanfaatkan kopi bukan hanya untuk kesehatan didalam tubuh saja, namun juga bermanfaat untuk luar tubuh kita seperti kulit ataupun rambut. Wahhh… banyak sekali ya sobat Prima manfaat si Kopi untuk kita. Bukaan hanya untuk di minum saja karna rasanya yang nikmaat, ehhh… ternyaata masih banyak lagi manfaatnya. Warbiasa banget lu kopi hehehe…

Ini dia manfaat kopi untuk kulit :

1. Eksfoliasi kulit

Kopi untuk kulit ternyata tidak main-main manfaatnya. Bubuk kopi ternyata juga mampu mengangkat sel kulit mati, lho! Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit. Eksfoliasi ini sangat berguna untuk membuat kulit agar terlihat tidak kusam. Kopi dapat digunakan dengan cara:

  1. Bubuk kopi secukupnya dicampur dengan perasan lemon.
  2. Gosok campurannya ke setiap bagian tubuh.
  3. Diamkan sampai sedikit lebih kering.
  4. Eksfoliasi dengan bubuk kopi ini dapat membuat kulit lebih mulus dan kulit lebih cerah. Tentunya efek ini tidak bisa didapatkan langsung secara instan, melainkan butuh waktu tapi aman dan menyehatkan.

2. Membantu menghilangkan selulit

Ketika Anda memiliki selulit, sebenarnya ini sangat sulit untuk dihilangkan. Dengan efek kopi yang baik sebagai eksfoliator, ini diduga dapat membantu menyamarkan selulit.

Kopi yang dibuat menjadi scrub dapat membantu menyamarkan selulit dengan beberapa cara. Pertama diduga bahwa kafein dalam kopi yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi munculnya selulit.

Kedua, kopi juga kaya antioksidan, yang dianggap dapat membantu memperbaiki keseluruhan warna kulit yang lebih sehat.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan bubuk kopi dengan air panas. Tambahkan air panas hingga mengental.
  • Selanjutnya, oleskan campuran tersebut untuk membersihkan permukaan kulit terlebih dahulu
  • Kemudian, lakukan gerakan memijat di area yang bermasalah dengan ujung jari Anda
  • Setelah selesai dipijat, diamkan selama beberapa menit.
  • Lalu bilas hingga bersih.

3. Kopi dapat mengurangi mata panda

Kopi untuk kulit bawah mata yang menghitam juga diketahui ampuh menyamarkan lingkaran gelap yang membandel. Hal ini diduga karena efek kafein dalam kopi yang mendukung pelebaran pembuluh darah.

Untuk menggunakan kopi di bawah mata, Anda dapat menggunakan cara ini:

  • Campurkan ½ sendok teh bubuk kopi dan campurkan dengan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat teksturnya tidak terlalu lengket.
  • Oleskan campuran kopi tersebut di bawah mata.
  • Biarkan campuran kopi tersebut meresap selama 5-10 menit.
  • Bilas bersih dengan air.

4. Membersihkan sel kulit mati di kaki

Jika Anda ingin memiliki kaki yang mulus, kopi adalah pilihan yang tepat. Kopi sangat efektif membersihkan kaki dan melembapkan kulit pecah-pecah. Begini cara menggunakan kopi untuk merendam kaki Anda:

  • Seduh kopi di cangkir atau gelas dengan air panas.
  • Campurkan kopi yang sudah dilarutkan ke dalam ember atau bak kecil tempat mandi.
  • Biarkan suhunya semakin dingin sehingga tidak membakar kulit.
  • Rendam kaki dalam larutan campuran kopi tersebut.
  • Gunakan alas kaki selama sedang dalam masa perawatan kaki ini.

5. Sebagai anti-aging

Kopi dapat bermanfaat untuk mengurangi bintik-bintik di kulit akibat sinar matahari, kemerahan, hingga garis-garis halus di wajah akibat penuaan. Anda bisa menggunakan bubuk kopi sebagai scrub (misalnya dicampur dengan gula atau garam Epsom) atau masker wajah untuk mendapatkan manfaat ini.

6. Mengatasi jerawat

Kopi memiliki efek antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat yang dapat membantu kulit dalam mengatasi jerawat. Jerawat di kulit terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati dan zat-zat lain menyumbat pori-pori. Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu, asam klorogenat juga dapat bermanfaat sebagai antiradang bagi kulit.

7. Pewarna rambut

Orang-orang yang ingin menambah sedikit warna alami kecokelatan pada rambut juga bisa mencobanya dengan menggunakan kopi. Untuk mewarnai rambut dengan kopi dilakukan dengan cara:

  • Seduh bubuk kopi di gelas, dinginkan hingga mencapai suhu kamar.
  • Ketika suhu sudah dingin, kopi di gelas tersebut dimasukan dalam baskom besar agar pergerakan tahap selanjutnya lebih mudah.
  • Sedikit demi sedikit Anda bisa menuangkan air larutan kopi ke atas rambut dan kulit kepala sampai semua benar-benar basah kuyup.
  • Lalu peras rambut Anda dengan lembut, ikat rambut seperti dicepol, dan gunakan topi mandi atau shower cap.
  • Diamkan rambut selama 30 menit hingga 3 jam.
  • Bilas rambut di kamar mandi setelahnya.

Nahhhh… Sangat banyak sekali ya sobat Prima manfaat si kopi ini. Tunggu apalagi sobat Prima, sok  atuh di coba biar tubuh lebih cantik dengan cara yang alami. Jangan pakai bahan kimia terus, Kan bahan kimia serem banget kalau setiap hari kita pakai terus, bisa merusak kulit kita loh malahan. hehehe…

Semoga tipsnya bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih… :$

Add a Comment