Rupiah Melemah Lagi, Pagi Ini Berada Di Level Rp 15.250 Per USD

Primaberita.com – Nilai tukar Rupiah melemah dan terus mengalami penurunan terhadap Dolar Amerika pada pagi ini Senin (15/10/2018). Rupiah dibuka di level Rp 15.230 per USD dan  sempat menguat usai pembukaan di level Rp 15.225. Namun kembali melemah, dan saat ini Rupiah berada di level Rp 15.250 per USD.

Menanggapi pelemahan Rupiah tersebut, Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, mengatakan pergerakan nilai tukar Rupiah ini memang dipengaruhi oleh sentimen global terutama perkembangan ekonomi dari AS. Tak hanya itu, kenaikan suku bunga oleh The Fed juga mempengaruhi situasi Rupiah.

“Nilai tukar Rupiah saat ini relatif. Pergerakan Rupiah cukup dinamis. Intinya kita lihat masih dalam batas fundamental kita. Kita kombinasi dengan BI hadir di pasar.” ujar Dody.

“Inilah hebatnya super Dolar. Dalam kondisi negaranya maju, semua memilih Dolar. Dalam kondisi negaranya melemah, orang kemudian lari lari. Jadi dalam hitungan, sepanjang trade war berlangsung orang masih melihat Dolar sebagai safe heaven,” lanjutnya.

Di sisi lain, pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal Hastadi bahkan memprediksi nilai tukar Rupiah di pasar spot hingga akhir Oktober 2018 akan berada di level Rp 15.200 sampai 15.400 per Dolar Amerika Serikat (AS) atau USD.

 

 

 

Add a Comment