Mantan Bos Yakuza Berhasil Di Tangkap Di Thailand Setelah Buron Hampir 15 Tahun

Primaberita.com – Shigeru Shirai (74) mantan petinggi Yakuza Jepang ditangkap di Thailand Rabu  setelah menjadi buron selama 14 tahun. Ia ditangkap saat sedang berbelanja di Lopburi.

Dilansir dari theguardian.com ia terlibat kasus penembakan terhadap saingannya pada tahun 2003. Lalu mantan petinggi yakuza ini kabur ke negara thailand. Ia membangun rumah tangga di sana dengan menikahi seorang wanita Thailand.

Keberadaan Shigeharu di thailand tidak diketahui siapapun sampai seseorang mengunggah fotonya di facebook dan menuliskan caption bahwa pria ini adalah idolanya dan ia juga berharap bisa setampan itu jika sudah tua nanti.

Foto unggahan itu menjadi viral dan menarik perhatian kepolisian jepang karena tato dan jari kelingkingnya yang putus, lalu kepolisian jepang memerintahkan kepolisian thailand untuk menangkap shigeharu.

“Tersangka mengakui bahwa dia adalah pemimpin subkelompok Yakuza Kodokai,” dikatakan juru bicara polisi Thailand Jenderal Wirachai  Songmetta, mengacu pada afiliasi kelompok Yakuza terbesar Jepang, Yamaguchi-gumi.

Yakuza sendiri berasal dari permainan tradisional Oicho-kalbu, Ya ku-za (8-9-3) berarti kehilangan tangan, oleh karena itu anggota yakuza yang bersalah akan di beri hukuman memotong jarinya sendiri.

Yakuza memiliki andil besar di industri perdagangan seks, dan penyelundupan senjata. Akan tetapi masyarakat jepang memberikan tempat khusus kepada yakuza karena kepedulian mereka terhadap orang yang tidak mampu dan terkena bencana alam.

Add a Comment