Dunia Health Lifestyle

Ups! Sering Mengupil Ternyata Bisa Sebabkan Kita Terserang Infeksi Paru-Paru!

Primaberita.com – Tanpa kita sadari bahwa membersihkan hidung dengan menggunakan jari telunjuk kita atau biasa di sebut dengan “Mengupil” ternyata bisa membuat kita terkena penyakit Paru-paru loh sobat Prima. Dan hal ini di buktikan lewat penelitian oleh para ahli dan pakar. Mengupil juga bukan hanya kebiasaan yang jorok, tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan kita Sobat Prima. Dan dalam kasus yang ekstrim, ngupil bisa berakibat fatal. Waduhhh!…

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di European Respiratory Journal mengungkapkan kalau mengupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya di dalam tubuh, yang kemudian menyebabkan pneumonia. Penelitian ini adalah yang pertama yang mengungkapkan bahwa penularan penyakit dapat terjadi melalui kontak antara hidung dan tangan. Melihat hasil tersebut, para pakar menyarankan kepada para orang tua untuk menjaga kebersihan mainan dan tangan anak untuk melindungi mereka serta menghindari penyebaran bakteri tersebut ke orang lain, terlebih kepada keluarga yang lanjut usia, yang mungkin rentan terhadap infeksi.

Peneliti utama Dr Victoria Connor, seorang peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, Inggris, mengungkapkan bahwa infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan diperkirakan infeksi tersebut bertanggung jawab atas 1,3 juta kematian di anak-anak di bawah usai lima tahun setiap tahunnya. Para peneliti menemukan bahwa bakteri dapat berpindah dari tangan ke hidung lewat kegiatan mengupil, mencolek atau hanya menggosok hidung dengan punggung tangan.

Memang sulit mencegah anak untuk tidak mengupil dan memakan tangannya, tetapi Anda bisa mencegah penularan bakteri dengan selalu menjaga kebersihan tangan, mainan, dan benda di sekitarnya. Hal ini tidak hanya berlaku pada anak-anak, lho, tetapi juga pada Anda, saya, dan orang dewasa lainnya. Lewat penelitian ini para pakar juga membuktikan kalau bakteri pneumokokus, penyebab penyakit infeksi paru-paru, dapat menyebar melalui kontak langsung, tidak hanya melalui udara.

Sering ngupil bikin Anda mudah mimisan !

Saat ngupil, ujung kuku jari yang Anda pakai untuk mengorek upil dapat meninggalkan luka lecet di dinding rongga sehingga akhirnya berdarah. Hidung yang mimisan tampaknya sepele, tapi luka terbuka ini bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri berbahaya untuk kemudian berkembang biak dalam hidung Anda.

Apalagi jika sebelum ngupil Anda sudah terlebih dulu menyentuh gagang pintu kamar mandi atau tiang pegangan penumpang di bus, maka besar kemungkinan bahwa Anda sudah mengangkut bakteri dari orang lain. Sehingga begitu jari Anda masuk ke hidung, segala macam kuman yang hinggap di jari Anda jadi berpindah ke dalam hidung. Memperkenalkan bakteri dari tangan Anda ke dalam rongga hidung dapat memicu infeksi peradangan serius yang bisa berakibat fatal.

Salah satunya adalah Staphylococcus aureus, yang menjadi penyebab umum dari infeksi kulit seperti abses, infeksi pernapasan seperti sinusitis, dan keracunan makanan. Bahkan, satu studi dari Cambridge University, diterbitkan di jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology, menunjukkan bahwa tukang ngupil lebih besar peluangnya untuk membawa Staphylococcus aureus dalam hidungnya.

Terlalu sering ngupil bisa berakibat fatal !

Infeksi sinus yang terlanjur mengganas akibat jajahan kuman Staphylococcus aureus menyebabkan Anda berpeluang lebih besar untuk mendapatkan komplikasi peradangan dalam tengkorak (intrakranial). Ini karena saluran sinus Anda menjalar sepanjang hidung hingga ke dasar tengkorak kepala.

Dasar tengkorak merupakan piringan tulang sebagai alas otak Anda berada. Di daerah tertentu, piringan tulang ini sangat tipis; setipis kulit telur. Dengan demikian, sebuah infeksi bakteri yang berkembang sangat cepat dan parah bisa menyebabkan infeksi menyebar ke daerah lain yang lebih sensitif, seperti rongga mata atau hingga mencapai otak yang bisa berakibat fatal — misalnya meningitis, radang selaput pelindung sistem saraf pusat.

Komplikasi infeksi akut akibat terlalu sering mengupil ternyata pernah dialami oleh seorang pria asal Manchester yang meninggal akibat perdarahan hebat setelah mengalami mimisan sehabis mengupil. Diketahui, pria paruh baya ini memiliki riwayat perdarahan otak di usia 20-an dan mengidap demensia.

Lain ceritanya dengan pria asal Sumatera Selatan yang mengalami pertumbuhan abnormal di bagian hidung dan mulutnya akibat terlalu sering mengorek upil dan mencabut bulu hidung. Awal mulanya, ia hanya mengalami pilek hebat, namun lama kelamaan keluar darah hingga nanah dari dalam hidungnya — hingga pada akhirnya tumbuh daging di sekitar mulut bagian atas hingga menutupi hidung. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, pria ini juga diketahui memiliki kanker.

Tentu saja, banyak orang yang tukang ngupil yang memiliki kuman ini dalam hidungnya dan tidak mengalami keluhan apapun. Kebiasaan mengorek hidung jarang menyebabkan masalah serius pada orang yang sehat. Tapi kuman ini bisa menyebabkan komplikasi serius pada orang-orang yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh.

Mengupil mungkin tidak akan benar-benar membunuh Anda, tetapi itu juga bukan kebiasaan yang sehat. Anda mungkin ingin mempertimbangkan membuang ingus saat lain kali dilanda hasrat ingin ngupil, atau setidaknya gunakan neti pot sebagai cara yang lebih efektif untuk membersihkan hidung Anda.

Jaga terus kesehatan ya sobat Prima, karena hidup sehat itu mahal…

Semoga Bermanfaat ! 😀

Bagikan:

Tinggalkan Balasan