Primaberita.com – Bagi umat Muslim, kedatangan Dajjal di akhir jaman nanti akan membawa malapetaka dan kehancuran di bumi. Menurut ceritanya, Dajjal adalah mahluk yang sangat besar, tinggi dan memiliki mata satu, di bagian dahinya tertulis huruf Kaf, Fa’ dan Ra’ atau di baca Kafir.

Di dalam kitab suci Al Quran maupun hadits jelas diterangkan bahwa kiamat tidak akan terjadi apabila belum terlihat beberapa tanda tanda kiamat. Dan diantara tanda-tanda kiamat itu adalah akan datangnya seseorang yang bernama dajjal Laknatullah alaih.

Dajjal bukanlah termasuk jin atau syetan, melainkan ia sama seperti kita manusia dengan jenis laki-laki dan juga berasal dari keturunan Nabi Adam AS. Hanya saja memiliki kekuatan ghaib yang dapat memanipulasi manusia sehingga manusia yang nanti bertemu dengannya.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mengabarkan bahwa Dajjal itu mandul sehingga tak punya keturunan. Dia akan muncul dari negeri timur, Khurosan, yang diikuti 70 ribu Yahudi Asfahan yang bersenjata dan mengenakan jubah tak berjahit.

Pertama kali muncul, Dajjal sebagai raja yang diktator dan kejam. Setelah itu ia mengklaim sebagai Nabi. Setelahnya, mengklaim sebagai tuhan. Pegikutnya dari kalangan juhhal (orang-orang bodoh) dan kalangan awam (rakyat jelata).

Kehadiran Dajjal sendiri akan menimbulkan fitnah  terbesar sepanjang umur dunia. Fitnahnya sangat menipu, mempesona dan memukau. Ia membawa surga dan neraka dimana surganya adalah neraka dan nerakanya adalah surga.

Dahsyatnya huru hara dan fitnah Dajjal di atas membuat setiap mukmin khawatir terhadapnya, sehingga mencari jalan agar selamat dari fitnah tersebut. Terlebih, umat akhir zaman seperti kita ini.

Merebaknya fitnah kekufuran, kesyirikan, dan fitnah agama yang menimpa kaum muslimin yang terjadi saat ini mempertandakan semakin dekatnya kehadirannya.

Untuk menghindarkan diri dari fitnah dan pengaruhnya, berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Di antaranya memahami nama-nama Allah yang Maha Indah berikut sifat-sifat-Nya yang Maha tinggi yang tak bisa disamai seorang pun.