Kesehatan Lifestyle Sains

Merasa Kurang Kurus? Itu Bisa Jadi Pertanda Gejala Gangguan Mental Loh !

Primaberita.com – Hampir setiap orang pasti pernah merasa tubuhnya kurang kurus atau seperti tidak cukup ideal, entah itu ukuran pahanya yang terlalu besar, lengan terlalu besar, atau payudara yang kecil.

Pada umumnya keluhan akan kekurangan seperti ini terjadi hanya sementara atau ketika Anda sedang bercermin saja. Namun, bagaimana jika Anda selalu merasa tidak puas dengan ukuran tubuh Anda padahal tubuh Anda sudah kurus?

Sampai-sampai melakukan segala cara untuk terlihat sempurna. Jika Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi pertanda dari gejala gangguan mental, dysmorphic disorder.

Gangguan mental ini dikenal dengan BDD atau body dysmorphic disorder yang mengganggu kejiwaan. Penderita sangat terobsesi terhadap bentuk tubuh ideal.

Ciri-ciri yang paling umum terjadi adalah penderita terus-menerus memikirkan bagaimana menyempurnakan bentuk tubuh agar semakin ideal. Penderita cenderung merasakan jika dirinya seperti memiliki cacat, meski hanya sedikit masalah bentuk/berat tubuh.

Selalu merasa kurang dengan ukuran tubuh adalah satu penyebab dari gangguan mental ini. Anggapan ketidaksempurnaan tersebut yang membuat penderita mengalami stres dan gangguan emosional lainnya. Tak jarang mereka sampai melakukan operasi plastik untuk memperbaiki kekurangannya tersebut.

Penderita akan sangat fokus terhadap kekurangannya itu, sampai benar-benar tidak fokus dengan hal lainnya. Penderita BDD akan semakin amat malu, tidak percaya diri, cemas, jika harus berhadapan dengan orang lain. Biasanya gejala ini ditemukan di usia remaja atau masa dewasa awal.

Beberapa tanda awal seseorang mungkin mengalami gangguan mental BDD adalah sering kali membandingkan penampilan dengan orang lain, merasa cemas atau tidak ingin berada di lingkungan ramai dengan banyak orang, melakukan diet dan olahraga terlalu berlebihan.

Kalau Anda atau anggota keluarga Anda ada yang mengalami gejala ini, lebih baik pergi ke psikiater atau psikolog agar mendapat penangan yang lebih tepat.

Jangan lupa untuk terus mencintai diri Anda sendiri apa adanya, ya sobat Prima!

Trus jaga kesehatan juga 🙂

Bagikan:

Tinggalkan Balasan