Internasional Sains Serba Serbi

Kucing Terapi Bernama Oscar Memiliki kemampuan Untuk Mendeteksi Kematian

Primaberita.com –  Kucing memanglah hewan yang lucu, tapi siapa yang menyangka kalau kucing yang lucu satu ini memiliki kelebihan yang tidak semua binatang kucing memilikinya. Kucing bernama Oscar mempunyai kemampuan untuk mendeteksi kematian. Oscar yang tinggal di panti jompo telah memprediksi lebih dari 50 kasus kematian. Kucing merupakan binatang yang keberadaannya masih sangat erat dengan misteri. Oscar katanya akan pergi dari rumah jika ia merasa ada seseorang yang sudah mendekati ajal.

Menurut Dr. David Dosa, seorang geriatrikian dan asisten profesor di Brown University, mengatakan bahwa ramalan Oscar jarang salah dalam enam tahun terakhir. Bahkan, Oscar telah mengalahkan prediksi salah dari staf medis di Pusat Perawatan dan Rumah Rehabilitasi Steere di Rhode Island, tempat ia diadopsi tujuh tahun lalu.

Kemampuan Oscar pertama kali diberitakan dalam sebuah artikel di New England Journal of Medicine pada 2007. Sejak itu, Oscar secara akurat memprediksi lebih banyak kematian, meyakinkan para dokter bahwa itu bukan sekadar kebetulan.

Dalam prosesnya, Oscar akan mengendus-endus lalu meringkuk di samping pria atau wanita yang menjadi pilihannya. Lewat tanda ini, para dokter akan memanggil keluarga untuk datang dalam kunjungan terakhir mereka. Setiap orang yang dikunjungi oleh Oscar, tidak beberapa lama akan meninggal.

Tidak ada yang tahu bagaimana Oscar mendapatkan keterampilannya. Mungkin hidung Oscar belajar mendeteksi beberapa bau kematian yang unik seperti bahan kimia yang dikeluarkan oleh sel yang mati. Menurut salah satu staf, ”Tidak ada yang meninggal di lantai tiga kecuali Oscar mengunjunginya dan tinggal sebentar.”

Kucing mungkin memiliki karakteristik yang menghubungkan mereka dengan kematian. Kucing, seperti hewan lainnya, sangat intuitif dan dapat merasakan hal-hal yang tidak dapat dilakukan manusia. Sebagai contoh, penglihatan dan indra penciuman mereka lebih kuat dari manusia.

Kucing sangat bergantung pada bahasa tubuh untuk berkomunikasi satu sama lain, mereka harus menyesuaikan diri dengan perubahan biologis dan perilaku pada hewan lain di sekitarnya. Ini termasuk mendeteksi kelemahan atau perubahan suhu dan bau badan.

Kemampuan Oscar ini membuat pasien bisa menghabiskan waktu-waktu terakhir mereka dikelilingi oleh keluarga dan tidak sendirian. Saat ini, kemampuan Oscar sedang diteliti agar dokter bisa memberikan perawatan yang lebih manusia dan lebih tepat kepada pasien.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan