Peristiwa

Prof. Irwandi Jaswir Pemenang Penghargaan King Faisal Internatioan Prize 2018

Primaberita.com – Prof. Irwandi Jaswir pria kelahiran medan, 20 desember 1970, dan merupakan seorang ahli bioteknologi dan bekerja sebagai koordinator riset halal industry di Halal Industry Research Centre , Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM).

Beliau mendapatkan penghargaan King Faisal International Prize 2018 kategori pelayanan islam, yang pemberitahuannya di sampaikan tadi malam melalui email. Prof. Jaswir terpilih atas pelayanan dan kontribusinya terhadap islam dan umat muslim dalam pengetahuan produk halal.

Dilansir dari saudigazette.com Para panitia juga menyoroti kontribusinya dalam membangun dan mengembangkan “Ilmu Pengetahuan Halal” melalui berbagai macam publikasi dan penelitian. Panitia juga menyadari usahanya dalam mengembangkan metode-metode baru untuk menganalisa zat yang digunakan untuk pembuatan “Alternatif-Alternatif Makanan Halal” sebagaimana prosedur-prosedur praktis untuk memproduksi gelatin halal dari sumber-sumber lain yang halal (non babi), seperti dari unta atau pun ikan.

Para panitia juga mencatat kolaborasi Prof.Jawir dengan ilmuwan –  ilmuwan lain untuk mengembangkan metode deteksi cepat zat tidak halal yang terkandung dalam makanan, kosmetik dan barang konsumsi lain yang digunakan umat muslim.Contoh dari metode tersebut adalah ‘Portable Electronic Nose’ yang mendeteksi dalam beberapa detik adanya  alkohol dan lemak babi (lemak yang berasal dari babi) pada makanan dan minuman.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan