Internasional Kesehatan Lifestyle Nasional Sains Serba Serbi

Ternyata Ini Dia Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Akan Asupan Garam !

Primaberita.com – Selama ini, asupan garam dikenal sebagai salah satu ‘tokoh jahat’ untuk kesehatan tubuh manusia, karena terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko kondisi jantung yang mematikan.

Nah… itu jika kita berlebihan atau terlalu banyak mengkonsumsi garam ya sobat Prima.

Namun, tahukah sobat Prima apa yang akan terjadi jika tubuh kita terlalu membatasi mengkonsumsi garam sehingga akhirnya kurang asupan mineral tersebut?

Secara umum, ternyata jika sobat Prima tidak cukup konsumsi garam maka bisa berakhir dengan sakit kepala atau pusing, dan mengalami kram otot.

Sebenarnya apa peran garam sangat penting dalam tubuh kita?
Faktanya, garam adalah elektrolit penting yang mempertahankan keseimbangan cairan dengan tepat, baik di dalam sel maupun di luar sel.

Bersama dengan kalium, natrium dari garam membantu memastikan bahwa transmisi saraf, kontraksi otot, dan banyak fungsi lainnya dapat terjadi. Dengan kata lain, natrium dalam garam sangat penting bagi tubuh manusia untuk memastikan tetap berfungsi dengan normal.

WHO menyebut bahwa asupan garam kurang dari 2 gram per hari merupakan tindakan pencegahan yang baik terhadap penyakit kardiovaskular.

Namun, sebuah studi oleh Universitas McMaster justru menunjukkan risiko terkait penyakit kardiovaskular hanya terjadi jika asupan garam rata-rata lebih dari 5 gram natrium.

Menurut penelitian tersebut, tidak ada hubungan langsung antara asupan garam tinggi dan kondisi jantung.
Seperti serangan jantung dan stroke, tetapi juga tidak ada tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa asupan garam yang rendah dapat mencegah penyakit mematikan tersebut.

Manfaat garam untuk kesehatan tubuh

1. Melancarkan metabolisme

Manfaat garam untuk kesehatan ini bisa membantu melancarkan metabolisme Anda. Metabolisme yang baik, akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh. Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.

2. Meringankan bronkitis dan masalah pernapasan lainnya

Meringankan bronkitis dan sakit pernapasan nyatanya menjadi salah satu manfaat garam untuk kesehatan. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

3. Membuat rileks tubuh

Merendam tubuh pakai garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-oto Anda yang kaku, lho. Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal. Anda bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh Anda dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Mencegah hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air. Nah, untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tidak tercukupi kebutuhan garam, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

5. Membersihkan mulut

Manfaat garam untuk kesehatan ini bsia membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam. Caranya campurkan ½ sendok teh garam dicampur  secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkan dan menenangkan sakit pada gusi.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kalau Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut. Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Alasannya sederhana, yaitu mengurangi asupan garam tidak dapat langsung mengurangi faktor risiko untuk mengembangkan penyakit, tetapi juga tergantung pada sejumlah faktor, seperti gaya hidup, makanan, dan kebiasaan olahraga seseorang.

Jadi, intinya adalah jaga asupan garam tetap seimbang sehingga Anda tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi Garam atau Elektrolit, tetapi juga tidak kekurangan mineral yang ternyata sangat penting untuk tubuh kita ya sobat Prima.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan