Health Lifestyle Sains Serba Serbi

Kekurangan Air Putih Dapat Merusak Ginjal Dan Luka Pada Usus Lo. Simak Yuk !

Primaberita.com – Dalam sehari-hari, tubuh kita membutuhkan asupan air putih agar kita hidup sehat. Fungsi air putih adalah agar tubuh kita sehat dan fungsi organ tubuh kita dapat bekerja dengan baik.

Lalu, apa saja ya yang terjadi jika kita malas minum air putih?

1. Tubuh Mudah Lelah.
Jika tubuh kita kekurangan air, maka kita menjadi gampang lelah, lesu, kurang bersemangat, dan mudah capek. Ini karena, air bertugas untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

2. Terjadi Dehidrasi.
Jika kita malas minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi biasanya terjadi saat tubuh kita mengeluarkan banyak cairan tanpa dibarengi dengan minum air putih yang banyak.
Misalnya, pada saat olahraga, muntah-muntah, dan diare. Karena itu, kita perlu mengganti cairan yang keluar dengan banyak minum air putih.

3. Luka Pada Usus.
Kekurangan air juga menyebabkan turunnya lapisan pelindung bagian luar lambung dan usus, serta tingkat kelanturannya menjadi berkurang. Ini akan membuat luka pada usus dan gampang terserang asam lambung.

4. Ginjal Menjadi Cepat Rusak.
Fungsi ginjal di dalam tubuh sangat penting, yaitu untuk menyaring cairan yang masuk. Jika zat yang masuk berguna, maka akan diserap oleh tubuh melalui peredaran darah. Jika ada zat yang bersifat racun, maka langsung dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Nah, proses penyaringan di dalam ginjal ini membutuhkan air agar bisa bekerja dengan baik.

Karena itu, ginjal akan bekerja lebih keras jika tubuh kita kekurangan air. Selain itu, kotoran dan zat racun tidak dapat dikeluarkan secara maksimal dari dalam tubuh. Ginjal yang dipaksa untuk bekerja keras terus-menerus bisa membuat ginjal tersebut cepat rusak. Penumpukan zat racun tadi juga berbahaya dan berdampak pada kesehatan.

5. Kulit Menjadi Kusam.
Kekurangan air di dalam tubuh dapat membuat kulit tampak kusam, kasar, dan kering. Ini karena, terganggunya kerja enzim yang tugasnya menjaga kesehatan kulit. Itu sebabnya kita perlu minum air putih yang banyak agar kulit kita terlihat lebih sehat dan halus.

6. Terkena masalah pencernaan.
Dalam proses pencernaan, air diperlukan untuk mencerna serta menyerap nutrisi dari makanan. Saat tubuh kekurangan air, maka sembelit pun terjadi. Jika berlangsung lama, hal ini bisa menyebabkan kanker usus. Nggak mau kan? Jadi, pastikan kamu rajin meminum air putih yah.

7. Rambut menjadi kusam, kasar, dan mudah rontok.
Kondisi kulit kepala yang terhidrasi dengan baik akan menghasilkan rambut yang sehat dan kuat. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka kulit kepala pun akan menjadi kering. Hal ini juga memengaruhi batang rambut menjadi kasar dan kusam.

8. Sering mengalami radang otot dan sendi.
Air berfungsi untuk menyusun tulang rawan dan juga sebagai pelumas persendian. Maka dari itu jangan heran jika kamu meminum air putih dalam jumlah yang sedikit dan sering merasa pegal. Ini karena terjadi gesekan antar sendi yang akhirnya menimbulkan arthritis atau radang sendi.

9. Tekanan darah jadi terganggu.
Darah terbuat dari 90% air. Ketika kekurangan komposisi terpenting ini, akan terjadi penyempitan pembuluh darah yang membuat pergerakkan darah jadi terbatas. Akibatnya, jantung harus bekerja keras memompa darah sehingga tekana darah pun jadi tinggi. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Setelah mengetahui dampak buruk yang dapat terjadi, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairanmu dengan meminum air minimal delapan(8) gelas dalam sehari ya Sobat Prima…

Tinggalkan Balasan