Internasional Kesehatan Lifestyle Sains

Tanda-tanda Dari Serangan Jantung Ini Harus Wajib Diketahui Wanita

Primaberita – Sebenarnya memang ada tanda-tanda serangan jantung yang tidak terduga terjadi pada perempuan dan berbeda dari yang dialami oleh pria. Sedari sekarang sebaiknya untuk Anda perempua untuk mencari informasi tentang gejala serangan jantung yang dapat dialami perempuan dan dapat segera melakukan pencegahan apabila hal tersebut terjadi.

Perempuan tidak selalu mendapatkan gejala klasik yang sama dengan laki-laki, seperti nyeri dada yang turun ke satu lengan. Gejala-gejala serangan jantung seperti ini tentu bisa terjadi pada wanita, tetapi banyak juga yang mengalami gejala samar-samar atau bahkan “diam-diam” sehingga mungkin terlewatkan.

Berikut tanda-tanda yang tak terduga pada wanita bila mengalami serangan jantung.

1. Merasa sesak pada rahang

Nyeri dada adalah gejala serangan jantung yang paling umum, tetapi beberapa wanita mungkin mengalaminya secara berbeda dari pria. Dada Anda mungkin terasa seperti kepenuhan atau diremas, dan rasa sakit dapat terjadi di mana saja; bukan hanya di sisi kiri. Saat serangan jantung terjadi, dada Anda biasanya terasa “benar-benar tidak nyaman,” kata kardiolog Rita Redberg, MD, Direktur di Women’s Cardiovascular Services di Universitas California, San Francisco. “Rasanya seperti ada yang mengikat dada Anda dengan sesuatu yang sangat ketat.”

2. Merasa sesak pada rahang

Karena perempuan mengalami gejala serangan jantung yang berbeda dari laki-laki, sehingga sering kali menghiraukan tanda-tanda gejala yang terjadi. Ciri-ciri ini terjadi ketika Anda merasakan sangat sesak di bagian rahang Anda secara mendadak. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya Anda pergi ke dokter segera.

3. Sakit perut

Mengidentifikasikan ciri serangan jantung pada perempuan sering sekali sulit terdektesi, karena banyak gejala lain yang memiliki ciri yang familiar dengan ciri serangan jantung. Menurut American Heart Association, jika Anda mengami gejala-gejala yang tidak biasa bagi Anda, seperti rasa sakit yang tiba-tiba di perut Anda yang disertai rasa pusing dan sesak napas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter ditakutkan ciri-ciri dari serangan jantung.

4. Nyeri punggung atau tekanan ekstrim pada punggung

Jika Anda tiba-tiba mengalami sakit punggung bagian atas atau tekanan ekstrem di punggung Anda, itu mungkin bukan otot yang tertarik, melainkan ciri serangan jantung. Apalagi jika Anda juga merasa pusing dan sesak napas. Menurut Langone Medical Center, serangan jantung pada perempuan akan mengalami sakit punggung bagian atas yang terasa seperti diikat tali pada tubuh mereka dan bila tidak ada alasan karena cedera atau lainnya, itu bisa pertanda gejala serangan jantung.

5. Mual, pening, dan berkeringat

Karena beberapa gejala serangan jantung pada perempuan seperti berkeringat dingin, pusing, dan mual yang menyerupai flu berat, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang benar-benar mengalami serangan jantung ketika mengalami gejala tersebut. Pakar menyarankan jika Anda tidak yakin apakah itu gejala karena serangan jantung atau keracunan makanan, lebih baik Anda segera pergi ke dokter.

6. Kelelahan

Beberapa wanita yang mengalami serangan jantung merasa sangat lelah, bahkan jika mereka telah duduk diam untuk sementara waktu atau tidak bergerak banyak.

“Pasien sering mengeluh kelelahan di dada,” kata Goldberg. “Mereka mengaku tak bisa melakukan aktivitas semudah berjalan ke kamar mandi.”

Tidak semua orang mendapat semua gejala tersebut. Jika Anda merasakan tekanan pada dada, terutama jika Anda juga mengalami salah satu atau lebih dari tanda-tanda lainnya, segera ke dokter.

Jika Anda tiba-tiba mengalami salah satu gejala di atas, percayalah pada intuisi Anda. Jika Anda tidak merasa seperti biasa, segeralah berkonsultasi ke dokter. Hal ini guna mengidentifikasi serangan jantung sejak dini agar mendapat pertolongan di awal.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan