Inilah Waktu Berolahraga Terbaik Untuk Menambah Massa Otot Anda

Primaberita.com – Beberapa orang suka bangun pagi dan berolahraga sebelum memulai hari mereka. Sementara yang lainnya lebih suka menunggu dan berolahraga di sore atau malam hari. Namun apakah waktu berolahraga akan berpengaruh pada kecepatan Anda menambah massa otot? Atau apakah lebih baik untuk berolahraga pada pagi atau sore hari? Penelitian yang dilakukan pada 2009 oleh tim peneliti yang berbasis di University of Jyväskylä, Finlandia menyatakan bahwa sore hari sebagai waktu terbaik untuk berolahraga.

Dalam eksperimen yang sangat sederhana, para peneliti mengumpulkan sekelompok pria muda dan menyuruh mereka berolahraga di pagi atau sore hari selama total sepuluh minggu. Kelompok pagi berolahraga antara jam 7 pagi hingga 9 pagi, sementara kelompok malam melakukannya antara jam 5 sore dan jam 7 malam. Kedua kelompok mengikuti program yang sama, yang melibatkan mengangkat beban dua hingga tiga kali seminggu.

Meskipun perbedaan pertumbuhan otot tidak terlalu signifikan, subjek yang berolahraga di malam hari melihat hasil bahwa otot mereka tumbuh lebih cepat daripada kelompok yang berolahraga di pagi hari. Bahkan, kelompok malam berhasil meningkatkan ukuran otot paha mereka, rata-rata, 30 persen lebih dari rekan-rekan mereka di kelompok pagi.

Sebuah studi lanjutan, yang berlangsung selama enam bulan menunjukkan hasil yang serupa. Pria yang berolahraga di pagi hari melihat paha depan mereka tumbuh rata-rata 12 persen. Tetapi orang-orang yang berolahraga di sore hari melihat paha mereka tumbuh 50 persen lebih cepat. Dengan kata lain, berolahraga di malam hari menyebabkan peningkatan massa otot yang lebih besar dibandingkan dengan program yang sama persis yang dilakukan di pagi hari.

“Kami menemukan bahwa berolahraga di pagi hari dapat menginduksi variasi antar subjek yang secara signifikan lebih tinggi di beberapa jalur sinyal yang terkait pertumbuhan atau metabolisme dibandingkan dengan program yang sama di sore hari.”

Dengan kata lain, olahraga di pagi hari dapat memberikan stimulus pembentukan otot yang optimal untuk beberapa orang, tetapi tidak untuk orang lain. Kekuatan otot juga diprediksi berada pada titik rendah di pagi hari dan secara bertahap meningkat sampai mencapai titik puncak di sore hari. Suhu tubuh Anda juga berada di puncak ketika di sore hari yang mempengaruhi pertumbuhan otot.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa berolahraga di sore hari. Oleh karena itu, waktu berolahraga yang paling tepat Anda lakukan adalah waktu yang paling cocok bagi Anda.

Add a Comment