Kesehatan

Kurang Tidur Dan Kebanyakan Tidur Ternyata Tak Baik! Ini Dampak Buruknya Pada Kesehatan

Primaberita.com – Tidak hanya kurang tidur yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, kelebihan tidur pun dapat berisiko terkena berbagai penyakit. Melansir dari beberapa sumber, tidur berlebihan atau kurang dari durasi 6-8 jam sehari, berpotensi meningkatkan penyakit arteri koroner atau stroke.

Dalam sebuah riset yang dilakukan kepada lebih dari sejuta orang dewasa, menemukan bila berlebihan atau kurang tidur membuat jantung bekerja tidak optimal. Tidak hanya itu, seseorang yang tidur berlebihan juga membuat jam biologis berubah sehingga menghasilkan perubahan fisik, mental, dan perilaku.

Beberapa penelitian menunjukkan, mereka yang bangun kesiangan bisa mengalami efek samping, seperti pusing sepanjang hari, sering mengantuk, dan kelelahan tanpa penyebab. Hal ini terjadi karena adanya efek pada neotransmitter dalam otak, terutama serotonin, yang diakibatkan kebanyakan tidur.

Kepada Huffington Post, dr. Luke Powles dari Bupa (Sebuah fasilitas kesehatan di Inggris) menambahkan, bahwa, “tidak masalah tidur lebih lama dan bangun lebih siang di akhir pekan jika Anda benar-benar lelah, hanya saja jangan sampai waktu tidur yang terlalu lama malah kemudian mengganggu siklus tidur di malam selanjutnya.”

Menurut Yahoo Health, hasilnya menyimpulkan jika jam tidur yang terlalu banyak bisa menjadi penanda buruknya kesehatan seseorang. Tidur lebih dari 10 jam mengindikasikan orang memiliki risiko yang lebih tinggi meninggal karena serangan jantung (stroke), sekitar 56% dan mengidap penyakit kardiovaskular sekitar 49%. Orang yang tidur lebih dari 10 jam memiliki 30% lebih tinggi risiko kematian prematur dibanding mereka yang tiap harinya tidur 8 jam.

Para peneliti menyarankan agar kita tidur dengan waktu yang cukup, tidak berlebihan atau kurang. Emily McGrath, perawat jantung senior di British Heart Foundation mengatakan bahwa tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bila memiliki masalah durasi tidur ini, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter.

Intinya, bila ingin menjaga berat badan dan kesehatan Anda serta mencegah diabetes, bukan hanya asupan makanan dan olahraga saja yang perlu diperhatikan, namun cukupnya waktu tidur setiap malam juga harus terpenuhi.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan