Kesehatan

Sendawa Berlebihan? Berikut Pemicu Dan Cara Mencegahnya

Primaberita.com – Jika ada seseorang yang sendawa secara berlebihan, mungkin ada gangguan kesehatan di dalam tubuhnya seperti diare atau konstipasi.

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

1. Jangan Bicara Saat Makan, Jika kita terus bicara saat makan, semakin banyak udara masuk lewat mulut kita. Udara yang tertelan itu akan berubah menjadi gas dalam perut.

2. Makan Pelan-pelan, Jika kita langsung menelan makanan dan minuman, udara yang kita telan juga banyak. Makanan dan minuman ini akan memenuhi perut sehingga penumpukan gas pun terjadi.

3. Hindari Minum dengan Sedotan, Minum dengan sedotan juga memperbanyak udara yang kita telan.

4. Rajin Bergerak, Setelah makan sebaiknya tidak langsung tidur, teman-teman. Ketika masih bergerak, ini akan membuat kita bersendawa tanpa menumpuknya di dalam perut.

Konstipasi termasuk kondisi kesehatan yang bisa kita hindari.
Beberapa langkah sederhana untuk mencegah kondisi ini adalah:

1. Memperbanyak konsumsi serat, misalnya dengan makan sayur, buah, beras merah, sereal, biji-bijian, serta kacang-kacangan.
2. Meningkatkan konsumsi cairan agar kotoran dalam usus selalu lunak.
3. Kurangi konsumsi minuman berkafein. Jenis minuman ini berpotensi meningkatkan risiko dehidrasi.
4. Hindari produk susu. Jenis makanan atau minuman yang terbuat dari susu juga bisa memicu kemungkinan konstipasi pada sebagian orang.
5. Meningkatkan frekuensi olahraga. Lakukan setidaknya 2 hingga 3 jam dalam seminggu. Rutin berolahraga tidak hanya akan membantu menurunkan risiko konstipasi, tapi dapat mencegah penyakit lain.
6. Jangan mengabaikan keinginan untuk buang air besar. Kebiasaan menahan keinginan buang air besar akan meningkatkan risiko konstipasi.
7. Mengatur kebiasaan buang air besar agar dapat dilakukan dengan leluasa dan nyaman.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan