Iklan Jokowi Di Bioskop Dikritik Oposisi, Menkominfo : Itu Tidak Melanggar

Primaberita.com – Iklan Jokowi berupa keberhasilan infrastruktur Pemerintah yang di tayangkan di sela-sela penayangan film di bioskop Indonesia menuai komentar dan kritik tajam dari berbagai kalangan terutama dari pihak oposisi yang menilai iklan tersebut sebagai bentuk kampanye.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pun angkat bicara. Ia menegaskan, iklan tersebut bukanlah bentuk kampanye dari Presiden Joko Widodo yang kembali mencalonkan diri di Pilpres 2019 mendatang.

Rudiantara menjelaskan jika dirinya telah membicarakan iklan tersebut dengan pihak Bawaslu. Menurutnya, Bawaslu mengatakan iklan di bioskop itu tidak melanggar aturan kampanye.

“Tadi malam saya sama Ketua Bawasalu, Ketua Bawaslu juga bilang ‘nggak ada tuh’. Tadi malam di TV secara terbuka, dan Ketua Bawaslu bilang tidak ada yang dilanggar. Ya sudah,” beber Rudiantara.

Lebih jauh, Rudiantara menyebut iklan tersebut merupakan salah salah satu pelaksanaa tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yakni komunikasi publik. Artinya, Kominfo bertugas mengkomunikasikan capaian kinerja pemerintah mulai dari pembangunan dan program pemerintah.

“Program banyak, tetapi ada beberapa yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti infrastruktur, kesehatan ada KIS, pendidikan ada KIP, tol laut, jalan tol dan lain sebagainya.” Lanjut Rudiantara.

“ Nah, pemerintah mengkomunikasi dan menginformasikan ke publik, karena ini bagian dari pertanggungjawaban. Kan pemerintah tiap tahun ada APBN, nanti dipakai apa nah hasilnya seperti apa. Jadi prinsipnya itu yang dilakukan, dan harus,” tambahnya lagi.

Selain mengatakan iklan di bioskop bukanlah kampanye, Rudiantara juga mengungkap alasan Kominfo memilih bioskop. Salah satunya adalah pertumbuhan layar bioskop yang pesat di Indonesia.

“Sekarang sudah hampir 1.700 jumlah layarnya. Terus penontonnya juga dari di 2014 hanya 96 juta, itu perkiraannya tahun ini sekitar 150-an juta. Jadi banyak orang nonton bioskop,” tutupnya.

Add a Comment