5 Kebiasaan ini yang akan Memperparah Insomniamu

Jangan Anggap Remeh, Kebiasaan ini buat Insomnia Makin Parah

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur yaitu berupa kesusahan untuk tidur. Gejala tersebut juga biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Berikut beberapa kebiasaan yg menyebabkan insomnia makin parah:

1. Waktu tidur yang berbeda antara hari kerja dengan akhir pekan

Para pekerja kantoran pasti sering melakukan hal ini. Di hari kerja perkerja cenderung tidur lebih awal karena akan bangun lebih awal esoknya. Berbeda dengan akhir pekan, mereka akan tidur lebih larut hanya untuk sekedar quality time. Perlu diketahui bahwa tubuh kita memerlukan konsistensi, termasuk dalam mengatur waktu tidur. Jika terbiasa melakukan hal ini terus menerus, berarti kita memaksa tubuh untuk selaluh beralih dalam dua zona waktu tiap minggunya. Sehingga bisa menyebabkan saraf tidur kita sedikit terganggu, dalam jangka panjang insomnia akan menjadi semakin parah.

2. Bermain gadget sebelum tidur

Di zaman sekarang, uda ngak heran lagi kalau main gadget sebelum tidur. Nah, kebiasaan bermain gadget sebelum tidur itu dapat mempengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur kita. Hal itu dikarenakan melakukan aktivitas bermain gadget dapat mencegah otak untuk beristirahat dan dapat memicu gejala insomnia.

3. Membiarkan diri stress berlarut larut

Stress dan depresi sering kali menghantui siapa saja. Baik itu masalah pelajaran, perkerjaan, bahkan rumah tangga. Banyak orang kerap kali sering stress berlarut-larut. Namun hal itu sangatlah tidak baik baik terhadap kesehatan terutama masalah insomnia. tidak hanya itu, tubuh yang kelelahan juga bisa menimbulkan stress karena seringkali kondisi tersebut membuat kita sulit tertidur. Untuk mengurangi tingkat stress yang akan memperburuk insomnia, kita bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan di malam hari.

4. Memiliki pola makan yang buruk

Seringkali kita mendengar bahwa makan malam mendekati waktu tidur sangat tidak dianjurkan. Larangan itu bukan tanpa sebab, karena selain membuat tubuh menjadi gemuk, kebiasaan makan malam atau ngemil sebelum tidur justru akan membuat kita sulit tidur. Hal ini terjadi disebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat pada waktu yang telah ditentukan, dipaksa untuk memproses segala komponen makanan dalam tubuh kita. Nah, hal tersebut bisa memicu insomnia semakin parah.

5. Kebanyakan minum kopi

Alasan orang meminum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mengantuk. Perlu diketahui bahwa kandungan kafein dalam kopi yang berlebihan akan menghambat waktu tidur kita yang tentu saja berdampak pada semakin parahnya insomnia. Maka dari itu secangkir kopi sehari itu sudah cukup.

 

Add a Comment