Minta Presiden Tiru SBY, Demokrat Sarankan Jokowi Cuti

Primaberita.com – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan meminta Presiden Jokowi mencontoh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar mundur atau mengambil cuti dari jabatannya untuk maju di Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Syarief, Jokowi harus mengikuti aturan yang berlaku dan meminta hal terkait pilpres dikembalikan pada aturan. Aturan cuti kampanye diatur lewat PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

“Semua itu kan ada aturannya. Kampanye pilpres itu ada aturannya. Setiap WN (warga negara) tentunya harus mengikuti aturan yang sudah baku. Kalau nggak salah, dulu Pak SBY cuti,” ujar Syarief.

Incumbent kampanye ada aturannya karena beliau kan presiden, jadi melekat kan. Itu sudah diatur dalam Undang-Undang, ya monggo dijalankan di taati,” lanjut Syarief.

Namun, berdasarkan UU Pemilu, tak ada keharusan bagi presiden untuk mundur saat maju kembali sebagai capres. Dalam UU Pemilu juga tak ada peraturan yang mengharuskan presiden mengambil cuti saat kampanye. Tidak adanya peraturan cuti untuk presiden karena presiden memiliki tugas mengatur negara.

 

 

 

Add a Comment