Ingin Punya Mata yang Sehat? Berikut Buah dan Sayur untuk Kesehatan Mata

Prima Berita – Mata adalah salah satu indra yang paling penting untuk manusia. Bagaimana tidak? Mata sangat sering disebut sebagai jendela dunia, tempat kita bisa melihat keindahan dunia yang berada di alam semesta ini.  Masalah utamanya jika ia masih berusia muda yakni mata minus, sedangkan untuk yang sudah dewasa yakni mata plus. Oleh karena itu, kesehatan mata sangat harus diperhatikan. Ini nih buah dan sayur yang bantu kesehatan mata:

1. Wortel

Kandungan nutrisinya yang kaya akan kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.  Selain itu juga juga ada mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi. Makanan ini disebut juga sumber vitamin A yang merupakan sayur yang bagus untuk kesehatan mata. Jangan lupa juga beta karoten yang membantu memperbaiki penglihatan semakin lemah. Semua kandungan tersebut ada pada wortel

2. Bayam

Bayam mentah mengandung berbagai nutrisi yang sangat kita butuhkan dan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Misalnya, vitamin C, folat, kalium, riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3). Sedangkan bayam yang sudah dimasak membuat sejumlah nutrisi berikut lebih banyak terserap tubuh: vitamin A dan E, serat, protein, thiamin (vitamin B1), mineral-mineral seperti seng, besi, dan kalsium. Lutein dan zeaxanthin juga akan lebih mudah terserap

3. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan flavonoid yang mencegah kerusakan selaput lendir dan mampu melindungi mata dari peradangan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, makan tiga porsi atau lebih dari 1 (satu) buah pepaya per hari dapat menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia yaitu degenerasi makula (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dengan 36%, dibandingkan untuk mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi sehari. Pepaya juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang memberikan perlindungan terhadap cahaya biru energi tinggi yang dapat merusak retina mata Anda. Buah pepaya juga melindungi terhadap katarak, glaukoma, dan penyakit mata kronis lainnya.

4. Tomat

Konsumsi satu tomat sehari dapat membantu menghilangkan masalah penglihatan karena mengandung likopen, senyawa yang melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya. Juga, keberadaan vitamin E dalam tomat mencegah kerusakan retina, sehingga membantu mempertahankan penglihatan yang baik. Vitamin A banyak ditemukan dalam wortel, namun bagi Anda yang tidak terlalu menyukai wortel, Anda bisa menjadikan tomat sebagai salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan mata karena tomat juga kaya akan vitamin A. Vitamin A dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk melalui permukaan mata, selaput lendir, dan juga kulit mata, sehingga mata terhindar dari infeksi.

Add a Comment