Nasional

Pemerintah Mencicil Utang Rp 400 Triliun, Ini Komentar Ketua MPR

Primaberita.com – Wacana Pemerintah mencicil hutang senilai Rp 400 Triliun dari total Rp 4200 Triliun pada tahun 2018 ini, mendapat komentar dan kritik dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan.

Menurut Ketua Umum PAN itu, negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan menjaga krisis sejak dini karena hal itu sangat penting untuk menjaga ketahanan nasional.

Ia membeberkan, kemampuan mencicil utang yang dilakukan pemerintah dengan nilai tersebut sudah di luar batas kewajaran. Pasalnya angka tersebut setara 7 kali dana desa, 6 kali anggaran kesehatan.

“Masalah pengelolaan utang, mencegah krisis secara dini ini harus diselesaikan. agar ketahanan ekonomi kuat. Rp 400 triliun di 2018 itu setara 7 kali dana desa, 6 kali anggaran kesehatan. Itu sudah di luar batas kewajaran dan batas negara untuk membayar,” tegas Zulkifli.

“Ini menjadi penting dalam kerangka menjaga ketahanan ekonomi. Kita perlu melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur, dan akuntabel,” lanjut Zulkifli.

“iantaranya mengenai nilai tukar rupiah dalam perekonomian global, penguatan-penguatan di sektor industri, pembatasan arus impor, serta peningkatan daya saing komoditas dan peningkatan daya ekspor kita,” tutup Zulkifli.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan