e-Sports Games

Tak Selalu Menyenangkan, Ini Dampak Negatif Bermain Game

Primaberita.com – Jika pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang dampak positif bermain game, pada halaman ini akan dibahas pula dampak negatif bermain game. Berikut dampak negatif bermain game:

  1. Kecanduan. Jika anda terlalu tertarik dengan sebuah game secara berlebihan, maka anda pun dapat mengalami kecanduan. Kecanduan ini akan sangat berbahaya terlebih lagi jika anda lupa akan segala tanggung jawab atau kemudian akan melupakan semua kegiatan anda. bahkan hal yang paling ekstrem adalah dimana seseorang sampai malas untuk makan karena kecanduan sebuah game.
  2. Malas. Malas merupakan dampak negatif bermain game yang kedua yang juga sebagai akibat dari kecanduan. Jika seseorang sudah malas, maka seakan-akan semua akan dilupakan dan langsung tidur setelah lelah bermain game. Kadang kadang sampai suka lupa makan sehingga orang tua pun terpaksa menyita perangkat kita. Tapi bagaimana jika orang tua yang begitu? Siapa yang menegur nih?
  3. Kurang tidur. Kita sering lupa dengan kebutuhan primer yang satu ini, akibatnya dampak negatif kekurangan tidur mendatangi kita, kita akan kehilangaan kantuk pada saat terlalu asyik memainkan sebuah permainan.
  4. Mengalami Kerugian Finansial. Untuk bermain sebuah game, pasti diperlukan modal entah itu untuk bermain di game online atau untuk membeli paket internet untuk bermain game. Selain kebutuhan koneksi tersebut, seseorang yang sudah sangat kecanduan akan sangat mungkin untuk menghabiskan dana sampai dengan jutaan rupiah untuk untuk membeli peralatan game atau mungkin untuk merakit sebuah PC Gaming.
  5. Radiasi yang membuat mata kurang sehat dan penyakit fisik lainnya. Sudah jelas sekali bahwa terlallu sering menghadap layar/monitor akan membuat mata sakit dan kurang sehat, radiasi yang dipancarkan, apalagi jika terus menerus, mata akan sakit dan nampak buram ketika melihat. Ini dampak yang paling sering terjadi pada gamer.Sebagai informasi tambahan, radiasi pada perangkat elektronik di isu kan dapat memicu penyakit berat seperti kanker, hipertensi dan gangguan kejiwaan lainnya.
  6. Malas Mandi. Kalau sudah pewe di depan hp atau laptop pasti malas mandi karena saking asiknya.
  7. Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Begitulah zaman sekarang ini. Pasangan selalu menjadi kurang perhatian jika diri kita sudah terhubung dengan dunia game. Demikian sebaliknya. Perkelahian pun segera menyusul.. hi… ngeri!
  8. Ajang selingkuh. Jika sudah terlalu “masuk” kedalam dunia game (khususnya multi player), selalu ada interaksi dari pemain lain. Jika pemain lainnya cewek, biasanya perilaku cowok akan lebih lembut dan dalam pemikiran cowok tersebut selalu berharap atau berimajinasi cewek tersebut cantik. Cewek gamers itu keren. Padahal…. nasib-nasib.

Demikian ulasan dari Primaberita.com terkait dampak negatif bermain game. Semoga dapat berguna bagi anda dan membatasi bermain game demi kebaikan dan kesehatan diri anda.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan