Kesehatan

Ini 5 Gejala Umum Leukimia Atau Kanker Darah Yang Harus Diketahui

Primaberita.com – Leukimia atau kanker darah merupakan salah satu penyakit yang sangat di takuti karena memiliki resiko kematian hingga 60 persen. Sejauh ini, apa penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui secara pasti.

Namun, beberapa gejala yang umum terjadi di antaranya nyeri pada tulang atau sendi, pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya tidak sakit, demam atau keringat pada malam hari.

Selain itu kita juga akan merasa lemah atau mudah lelah, sering mengalami pendarahan, mudah memar, sering infeksi, pembengkakan di perut, penurunan berat badan, serta kehilangan nafsu makan.

Untuk menghindari dan mencegah leukemia berikut beberapa gejala nya :

  1. Kulit tampak pucat

Ketika leukemia berkembang, sel-sel darah baru bisa dirusak oleh sel kanker. Fungsi sumsum tulang bisa diambil alih. Nah aliran darah pun jadi berkurang drastis, akhirnya membuat kulit jadi lebih tampak pucat. Gejala ini terjadi tidak sekali atau dua kali, meski anak terdiam atau beraktivitas, kulitnya tampak pucat dan wajahnya tidak terlihat segar.

  1. Bisa infeksi atau demam

Sel-sel darah merah adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Jika tidak sehat, seperti pada penderita leukimia jadi sering sakit.

  1. Kulitnya selalu memar

Jika mengalami luka dan goresan di kulit susah sembuhnya. Kulit jadi sering memar dengan mudahnya. Gejala tersebut paling jelas dialami penderita leukimia, sebabnya karena terjadi pergeseran sel darah merah yang tidak wajar. Kondisi ini dikenal dengan istilah petechiae.

  1. Sering mengeluh kelelahan

Anak leukimia cenderung tubuhnya sering lemas dan kekurangan energi. Sepanjang waktu dia akan mengalami rasa lelah berlebihan dan tubuhnya terlihat lunglai.

  1. Sesak napas

Seiring dengan masalah kekurangan energi, sesak napas bisa saja dialami oleh anak penderita leukimia. Terutama selama mereka beraktivitas fisik. Ada perubahan yang tampak terjadi pada tubuhnya yang mudah dikenali.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan