Internasional Nasional

Video Detik-Detik Kemenangan Lalu Muhammad Zohri Yang Mengharukan

Primaberita.com – Tak ada yang menyangka jika pemuda bernama Lalu Muhammad Zohri mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia lewat prestasi yang ia torehkan saat mengikuti event Kejuaran Dunia Atletik U-20 IAAF 2018 di Finlandia.

Pria asal Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, itu menjadi juara pertama dunia untuk nomor 100 meter putra dan berhak meraih medali emas. Hal itu sontak membuat dirinya menjadi idola baru di Tanah Air.

Sebelum pertandingan tersebut dimulai, Zohri sama sekali tak masuk daftar favorit namun pada faktanya ia berhasil mengalahkan sprinter yunior dari sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Tak hanya di Indonesia, kabar kemenangan Lalu Muhammad Zohri, pemuda dari keluarga sederhana asal Lombok itu juga menghiasi media-media massa internasional. Bahkan media terkemuka Inggris, The Guardian memuat artikel berjudul, Indonesian sprinter who could barely afford shoes wins 100m gold.

“Rakyat Indonesia merayakan kemenangan atlet dari Pulau Lombok, yang hampir tidak mampu membeli sepatu lari tahun lalu, mengalahkan para pelari favorit dan memenangkan mahkota juara dunia lari nomor sprint yunior,” demikian kutipan The Guardian.

Kemenangan Zohri, seperti dikutip dari Guardian, memang tak terduga. Pemuda 18 tahun tersebut mengalahkan dua atlet Amerika Serikat, Americans Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang finis bersamaan dengan catatan waktu 10,22 detik.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan