Ekonomi Bisnis Nasional

Gawat! Rupiah Semakin Melemah, Kini Berada Di Level Rp 14.428 Per US Dollar

Primaberita.com – Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika terus melemah. Bahkan saat ini, Rupiah yang berada di level Rp 14.428 per US Dollar beradasarkan data merupakan yang tertinggi pada tahun ini (year to date).

Sebelumnya nilai tukar dolar AS tertinggi tahun ini terjadi pada pekan lalu di angka Rp 14.410. Sebelumnya, BI sempat berusaha meredam kenaikan Dollar dengan menaikkan suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate.

Meski dinaikan dari 4,75% menjadi  5,25% atau naik 50 basis poin (bps), namun hal itu belum cukup menghentikan geliat Dollar Amerika terhadap Rupiah. Namun demikian, pelemahan nilai tukar terhadap dolar AS tidak hanya dirasakan rupiah, mata uang negara maju seperti euro dan poundsterling juga melemah.

Berdasarkan keterangan Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam memprediksi langkah Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate justru bertolak belakang dengan keinginan pasar.

Ia membeberkan BI cukup menaikkan bunga acuan 25 bps untuk mencegah pelemahan rupiah lebih besar, bukan untuk menguatkan rupiah dengan segera. Oleh sebab itu, Piter berharap membaiknya neraca perdagangan Indonesia Juni juga diharapkan bisa meredam gejolak dolar AS terhadap rupiah.

“Saya khawatir ini menunjukkan kebijakan BI yang baru yaitu menaikkan suku bunga acuan 50 bps justru kontra produktif, efeknya negatif karena terlalu naik besar, Kita harapkan neraca perdagangan bulan Juni membaik setidaknya kalau masih defisit hanya tipis.” Tukas Piter.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan