Bantah Tudingan SBY, Jokowi : Netralitas Polri, TNI Dan BIN Mutlak!

Primaberita.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono sempat mempertanyakan dan menuding netralitas aparat TNI/Polri dan BIN terkait Pemilu dan Pilkada. SBY bahkan memastikan hal tersebut bukanlah berita bohong atau Hoax.

“Yang saya sampaikan ini cerita tentang ketidaknetralan elemen atau oknum dari BIN, Polri, dan TNI. Itu ada nyatanya, ada kejadiannya, bukan hoax,” ujar SBY.

Menanggapi tudingan tersebut, Presiden Jokowi pun membantah pernyataan SBY tersebut. Jokowi menegaskan netralitas TNI, Polri, BIN mutlak.

“Netralistas TNI, Polri, BIN itu adalah bersifat mutlak dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada. Dan ini sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI, BIN,” beber Jokowi.

Bahkan Jokowi sudah memerintahkan hal tersebut kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

“Sudah saya sampaikan kepada KaBIN, Kapolri dan Panglima, jadi tidak usah tanyakan lagi. Dan saya juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawasi. Marilah kita sama-sama mengawasi,” tegas Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap tak ada pihak manapun yang menyangsikan ataupun meragukan  netralitas TNI/ Polri dan BIN jika tak memiliki bukti, data dan fakta.

Add a Comment