Peristiwa

Mitos Atau Fakta? Ikan Mas Raksasa Berkaitan Dengan Insiden Tragis KM Sinar Bangun Di Danau Toba

Primaberita.com – Insiden tragis tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba memang sempat dikait-kaitkan dengan mitos dan hal mistis penangkapan ikan mas seberat 14 kg sehari sebelum peristiwa naas terjadi.

Menurut seorang budayawan Batak, penangkapan ikan itulah yang membuat cuaca buruk hingga mengakibatkan gelombang dan ombak besar terjadi di Danau Toba sehingga membuat KM Sinar Bangun tenggelam dan menelan banyak korban jiwa.

Karena peristiwa itu di kait-kaitkan dengan ikan mas raksasa, akhirnya membuat banyak netizen penasaran seperti apa bentuk dan besar ikan mas yang di tangkap oleh salah seorang masyarakat dari Danau Toba tersebut.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar Danau Toba, ikan mas yang di dapat dari salah satu danau terbesar itu memang rata-rata berukuran raksasa. Beberapa warga bahkan sering memposting hasil tangkapan ikan mas berukuran raksasa dari Danau Toba. Berikut beberapa di antaranya :

  • Menurut seorang masyarakat bernama Saut Napitupulu mengatakan nelayan di desanya pernah mendapatkan ikan mas 23 kg pada 2016 silam. Dia pun mengunggah foto ikan mas seberat 15,17 Kg yang ditangkap di Danau Toba wilayah Parparean.

  • Seorang netizen dengan akun Marlince Sitorus juga membagikan foto-foto hasil tangkapan ikan mas di Danau Toba lewat akun Facebook miliknya. Ikan mas ini menurut Marlince didapat di Danau Toba di wilayah Paropo. Beratnya mencapai 14 kg.

  • Selain itu, ada lagi netizen bernama Ochalina yang juga ikut membagikan foto ikan mas berukuran besar yang pernah ditangkap dari Danau Toba. Foto ini diunggahnya pada Rabu (20/6) kemarin.

Terkait benar tidaknya insiden tenggelam KM Sinar Bangun berkaitan dengan Ikan Mas Raksasa, kembali pada penilaian masing-masing orang. Namun sudah bukan rahasia jika Ikan Mas yang hidup di Danau Toba memang memiliki bobot lebih besar daripada ikan mas lain.

Namun menurut peneliti limnologi LIPI Prof Gadis Sri Haryani mengatakan ikan mas (cyprinus carpio) bukanlah fauna endemik di Danau Toba. Ikan mas manapun bisa berpotensi tumbuh jadi besar atau bahkan berukuran ‘raksasa’.

 

 

 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan