Internasional

Cium Tenaga Kerja Wanita Filipina Di Bibir, Presiden Duterte Tuai Kecaman

Primaberita.com – Usai mencium seorang tenaga kerja wanita Filipina yang bekerja di Korea Selatan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte  menuai gelombang kritik dari berbagai kalangan terutama dari lawan politik nya.

Bahkan, menurut salah seorang aktivis kelompok hak perempuan di Filipina bernama Gabriela, aksi Duterte sangat menjijikan. Gabriela menuding aksi Duterte itu adalah sebuah upaya untuk mengalihkan perhatian publik dari popularitasnya yang semakin menurun.

“Aksi kejantanannya yang berulang-ulang dimaksudkan sebagai hiburan untuk menyembunyikan kenyataan bahwa popularitasnya melorot dengan cepat karena isu pembunuhan di luar hukum, undang-undang Reformasi Perpajakan untuk Percepatan dan Inklusi dan skandal korupsi besar-besaran yang sekarang mengganggu pemerintahannya,” ujar Gabriela.

Untuk diketahui, insiden ciuman kontroversial itu terjadi saat Duterte berbicara di depan penonton dari kelompok pekerja Filipina di luar negeri (OFW) di Seoul. Pada acara itu, Duterte memanggil dua wanita untuk bergabung dan menerima buku gratis di panggung.

Dia memeluk pekerja yang tampak terkesan itu dan memberinya ciuman di pipi sebelum meminta perempuan kedua untuk menciumnya di bibir. Setelah saling beberapa waktu diisi dengan tawa gugup dari pekerja itu, Duterte akhirnya mencondongkan badannya dan mencium perempuan itu di bibir.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan