Diet DASH ! Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan Dan Tekanan Darah

Primaberita.com – Dietary Approaches to Stop Hypertension atau disingkat DASH, adalah salah satu metode diet  yang sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang melewati ambang batas normal, menurnkan berat badan  dan menurunkan resistensi insulin dan kolesterol.

Diet DASH adalah tentang mengatur keseimbangan pola makan,karena fokus utama dari diet ini adalah mengatur pola makan yang seimbang, dan menurunkan asupan sodium. Diet ini diformulasikan oleh cabang NIH (National Institue of Health) menekankan pada banyaknya frekuensi, jenis, dan variasi makanan. Selain itu diet dash juga mampu mengatur kadar gula dalam darah.

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi saat melakukan diet DASH adalah jenis makanan yang kaya nutrisi dan terfokus pada serat, protein dan  beberapa mineral penting, seperti kalsium, kalium dan magnesium, sementara untuk makanan yang bergaram batas maksimal yang diperbolehkan adalah 2.400 mg. Jadi secara garis besar asupan gizi yang diterima adalah 4% lemak jenuh, 18% protein, 50% karbohidrat dan 30g serat.

Beberapa peraturan makan yang harus diterapkan pada saat menjalani diet dash adalah :
1. Perbanyak porsi sayur pada saat makan siang dan malam.
2. Membiasakan makan buah sebagai cemilan.
3. Minum susu rendah lemak.
4. Membatasi konsumsi daging maksimal 90g/ hari.
5. mengganti margarin dengan bahan yang bebas lemak.
6. Hindari produk bersodium tinggi.
5. Membiasakn konsumsi kacang-kacangan, kismis,dan yogurt tanpa lemak.

Selama menjalani masa diet dash hilangkan kebiasaan merokok, begadang, dan minum alkohol. Kombinasikan diet DASH dengan olahraga teratur minimal 30 menit sehari. Menurut US NEws dan World Report diet DASH menjadi pola makan terbaik selama lima tahun berturut-turut mengalahkan diet mayo dan diet mediterania.

Add a Comment