Sudah Hampir Rampung, Patung GWK Di Bali Akan Jadi Patung Tertinggi Kedua Di Dunia

Primaberita.com – Sempat tersendat selama 29 tahun, pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali sudah hamper rampung. Kemarin, mahkota seberat sekitar 3,5 ton yang terbuat dari tembaga dilapisi mozaik emas terpasang di kepala dewa Wisnu.

Memiliki tinggi 121 meter atau  271 meter jika dihitung dari permukaan laut, patung GWK menjadi salah satu patung paling tinggi di dunia. Seperti di ketahui, ada beberapa patung yang menjadi ikon suatu Negara dengan tinggi yang menjulang.

Sebut saja patung Spring Temple Buddha di China yang memiliki ketinggian 153 m, Laykyun Setkyar di Myanmar (116 m), patung Ushiku Daibutsu di Jepang (110 m) patung Guan Yin di Sanya China (108 m) hingga patung Peter the Great di Moskow, Rusia (96 m) dan Patung Liberty di New York, Amerika Serikat (93 m).

Dengan hamper selesai nya pembangunan patung GWK, Bali akan memiliki ikon baru untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara. Nantinya, selain bisa menikmati patung dengan desain dan ukiran bernuansa seni spektakuler, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot melalui bagian dada patung.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mengaku terharu dan sangat berbahagia mengingat proses pembangunannya yang memakan waktu hampir tiga dekade karena berbagai kendala yang dihadapinya. Uniknya, beberapa tokoh yang menggagas pembangunan patung GWK sudah meninggal dunia.

Seperti diketahui, pembangunan GWK yang digagas sebagai land mark pariwisata Bali berangkat dari ide yang dilontarkan sejum lah tokoh, yakni Menteri Pariwisata ketika itu, Joop Ave (alm), Ida Bagus Oka (alm), Ida Bagus Sudjana (alm), dan Nyoman Nuarta.

Pada prosesnya gagasan tersebut dipresentasikan di hadapan Presiden Soeharto dan direstui dan pada 1997 di lakukan peletakan batu pertama. Nah, sejak awal pembangunan itulah muncul berbagai kendala, salah satunya krisis moneter yang secara langsung berimbas pada pendanaan.

Dengan rampungnya GWK akan menjadi ikon baru di Bali sebagai patung tertinggi dan terbesar kedua di dunia, mengalahkan Patung Liberty di AS, Patung Yesus di Rio de Jeneiro (Christ the Redeemer), patung The Otherland Calls di Rusia.

GWK juga akan diproyeksikan menjadi Cultural Park di Bali dan akan menjadi salah satu pres tasi di era Presiden Joko Widodo. Rencananya GWK akan dijadikan venue host IMFWorld Bank Annual Meeting 2018.

Add a Comment