Internasional

Bukan Persoalan Agama ! Ini Alasan Muslim Arab Memilih Menjadi Anggota Militer Israel

Primaberita.com – Israel Defence Force (IDF) adalah badan kemiliteran milik negara Israel. Ada pemandangan berbeda yang dapat disaksikan disini yakni Tentara muslim dan Yahudi dapat hidup berdampingan di sini. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pertumbuhan muslim arab yang menjadi anggota militer israel menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan hal ini disebabkan oleh adanya wajib militer yang diberlakukan di negara Israel.

Haneen Zoabi, anggota parlemen israel juga mengungkapkan alasan lain  mengapa muslim arab tertarik untuk menjadi anggota IDF dampak diskriminasi dan kemiskinan warga arab,sementara gaji dan hak-hak yang diterima tentara israel sangat menggiurkan, dan kebanyakan mereka yang menjadi anggota idf telah lama menjadi pengangguran.

Kolonel Wagdi Sarhan salah satu anggota militer israel yang merupakan seorang muslim arab mengaku menjadi anggota militer israel adalah keinginannya dan ia tulus membela negaranya, walaupun ia adalah seorang muslim dan harus memerangi saudara saudra muslim di Palestina.Bagi dia konflik di Palestina bukanlah soal agama, melainkan untuk menekan perlawanan  rakyat palestina di tepi barat yang telah dikuasai israel secara sepihak sejak tahun 1967.

“Terkadang kami juga berempati dengan saudara Muslim di Palestina, namun kami lebih memilih untuk mengabdi kepada negara,” jelas Sarhan.

Akan tetapi tentara muslim israel hanya di percaya untuk berjaga di Tepi Barat, jauh dari medan perang, hal ini dikarenakan masih adanya kecurigaan dari pemerintahan israel terhadap para tentara muslim, pemerintah khawatir para tentara muslim akan membelot dan membela negara palestina.

Dan Perekrutan Arab muslim menjadi anggota idf juga mendapat penolakan dari politikus paremen Israel. Yousef Jabareen seorang anggota parlemen israel dari kalangan arab mengatakan  “Politikus maupun tokoh komunitas Arab Muslim Israel menolak keras rekrutmen tersebut. Kita tidak bisa menjadi bagian rezim yang menindas rakyat sendiri“.

Dan ia juga menambahkan bahwa ketika seorang muslim bergabung dengan tentara israel dapat dipastikan mereka akan diindoktrinisasi dengan prinsip-prinsip zionisme.

Tinggalkan Balasan