Hiburan Teknologi

Mengenang Georges Melies, Google Doodle Tampilkan Video 360 Derajat

Primaberita.com – Jika anda menelusuri halaman utama mesin pencari Google hari ini, ada sesuatu yang berbeda pada tema Doodle. Tidak hanya menampilkan foto animasi seperti biasa, untuk pertama kalinya Google Doodle menampilkan Virtual Reality (VR) 360 derajat dalam sebuah video.

Dalam video tersebut, Google Doodle memperlihatkan dan mengenang sosok Georges Melies. Doodle interaktif tersebut merupakan hasil kolaborasi Google Spotlight Stories dan Google Arts & Culture bersama tim Cinémathèque Française.

Jika diklik, maka kita akan disuguhkan video Youtube 360 derajat. Suara musik klasik mengalun sepanjang video berdurasi 2 menit 10 detik itu. Lalu siapakah sosok Georges Melies ini?

Georges Melies adalah seorang sineas Perancis yang memelopori beragam teknik film dalam aspek teknis dan naratif di masa awal perfilman. Lahir di Paris, Perancis pada 8 Desember 1861 meninggal pada 21 Januari 1938.

Lalu mengapa Google Doodle memperingatinya pada 3 Mei? Tak lain tak bukan adalah karena tanggal tersebut adalah dimana ia merilis film berjudul À la Conquête du Pôle atau The Conquest of the Pole yang akhirnya mengubah dunia perfilman lebih dari seabad lalu.

Georges Melies melihat film dan kamera lebih dari sekadar alat pengambil gambar dan membuat orang benar-benar tenggelam dalam cerita. Dalam karya-karyanya Melies mengkhususkan diri dalam menggambarkan transformasi fisik yang ekstrim dari tubuh manusia.

 

 

 

Tinggalkan Balasan