Primaberita.com – Belakang isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang akan masuk ke Indonesia menjadi berita yang mengkhawatirkan bagi masyarakat Indonesia. Namun Menkumham, Yasonna Laoly mengatakan agar masyarakat tidak perlu khawatir terkait isu tersebut. Ia juga memastikan tidak ada TKA asal China dalam jumlah besar yang akan masuk ke Indonesia.

“Jadi kita ini seperti dihantui ketakutan. Negara ini gedenya bukan main, yang penduduknya 250 juta. Singapura saja yang kecil tamu asingnya lebih banyak dari tamu kita. Kalau TKA pasti lah tercatat sebagai TKA,” kata Yasonna di Jakarta Utara, Rabu (25/4).

Yasonna juga mengatakan bahwa saat ini telah dikeluarkan Perpres TKA yang mengatur besaran tenaga asing yang masuk. Selain itu juga Perpres juga mempermudah terkait izin TKA, sehingga dapat mendongkrak investasi lebih banyak. Jika investasi semakin banyak maka tenaga kerja yang terserap juga semakin banyak.

“Makanya dibuat Perpres untuk kemudahan mendaftarkan itu, jadi harus Rencana Perjanjian Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA)-nya ada,” ujar Yasonna.