Akibat Neurofibromatosis, Jerome Hamon Menjadi Pasien Pertama Yang Menjalani 2 Kali Transplantasi Wajah

Primaberita.com – Jerome Hamon seorang pria asal Paris menjadi orang pertama yang menjalani dua kali operasi transplantasi wajah.

Hamon menjalani transplantasi wajah karena neurofibromatosis, yaitu kelainan genetik yang ditandai dengan pertumbuhan tumor di sepanjang saraf kulit, otak, dan bagian tubuh lainnya. Pada saat transplantasi pertama dilakukan tubuh Hamon menolak transplantasi tersebut. Meskipun ini merupakan transplantasi kedua baginya, akan tetapi ini merupakan wajah ketiga bagi Hamon.

“Ini transplantasi keduanya tapi ini wajah ketiga,” kata dokter bedah dari Georges Pompidou European Hospital AP-HP Laurent Lantieri dikutip dari CNN.

Sebelum melakukan transplantasi wajah yang kedua, Hamon harus rela melepaskan wajahnya, kerena tubuhnya sudah menolak transplantasi pertamanya. Selama dua bulan Hamon hidup tanpa wajah, tidak bisa mendengar, melihat dan berbicara.

Kemudian Hamon mendapatkan donor wajah dari seseorang yang berusia 22 tahun. Operasi dilakukan pada 15-16 januari 2018 dipimpin oleh Professor Laurent Lantieri seorang ahli transplantasi wajah. Hamon juga mendapatkan terapi imun untuk mengurangi resiko penolakan tubuh atas transplantasi wajah yang telah dilakukan.

“Saya 43 tahun dan donor saya 22 tahun. Jadi saya berusia 22 tahun,” kata Hamon.

Hamon saat ini merasa bahagia dengan wajah barunya. dan dia mengaku kembali menjadi seseorang yang bahagia lagi.

 

 

Add a Comment