Penjelasan Kata ‘Fiksi’ Oleh Rocky Gerung Ungkap Kebodohan Elit Politik Indonesia

Primaberita.com – Salah seorang pengamat politik yakni Rocky Gerung menuai banyak komentar tajam setelah menyebut kita suci merupakan suatu hal yang fiksi. Pernyataan kontroversial itu disampaikan oleh Rocky Gerung dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa, 10 April 2018.

Banyak nya komentar pedas yang menghampiri dirinya terkait pernyataan itu, Rocky pun menjelaskan makna fiksi sebenarnya. Ia memaparkan jika fiksi itu berbeda dengan fiktif yang banyak dinilai sebagai konotasi negative karena dibebani kebohongan, sehingga fiksi itu selalu dimaknai sebagai kebohongan.

Dalam penjelasan nya lebih jauh, Rocky mengambil satu contoh Mahabharata. Menurutnya, Mahabharata adalah fiksi, tapi itu bukan fiktif. Rocky berargumen, fiksi itu kreatif. Sama seperti orang beragama yang terus kreatif dan ia menunggu telosnya. Dan dalam agama, fiksi adalah keyakinan. Dalam literatur, fiksi adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi.

“Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif. Telos sendiri dalam bahasa Yunani berarti ‘akhir’, ‘tujuan’, atau ‘sasaran’,” ujar Rocky.

“Anda berdoa, Anda masuk dalam energi fiksional bahwa dengan itu Anda akan tiba di tempat yang indah. Kimianya sama, dalam tubuh sama, dan jenis hormon yang diproduksi dalam tubuh sama,” lanjut Rocky.

Sekedar informasi, kata fiksi memicu kontroversi setelah cara pandang orang atas fiksi nampaknya makin memburuk, ketika beredar kutipan pidato Prabowo yang menyatakan Indonesia bakal bubar pada tahun 2030. Para pengkritiknya membuli bahwa mengatakan hal itu diambil dari karya fiksi. Dari situlah istilah fiksi menjadi jelek, buruk dan bohong.

Parahnya, pendukung Prabowo tidak menyatakan bahwa para pengkritik Ketua Umum Gerindra itu keliru memahami fiksi. Malah mencari argumen lain, yang diambil dari karya “nonfiksi”. Kekacauan makin terjadi. Hal itulah yang coba di luruskan oleh Rocky Gerung.

Add a Comment